Mohon tunggu...
Shendy Fradiscananda
Shendy Fradiscananda Mohon Tunggu... Keterangan profil

Make it simple but significant

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Diet Simple, Sehat dan Tetap Makan Enak!

20 Juni 2021   17:40 Diperbarui: 20 Juni 2021   20:29 286 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diet Simple, Sehat dan Tetap Makan Enak!
Makanan diet seimbang (sumber : untungdicover.com)

Pada dasarnya, kelebihan berat badan terjadi akibat kelebihan kalori yang masuk kedalam tubuh tetapi tidak sebanding dengan kalori yang dikeluarkan sehingga kalori bertumpuk menjadi lemak. Banyak orang yang salah memilih program diet yang justru malah gagal mencapai tujuannya dan  bahkan berdampak buruk pada kesehatan. Tak jarang orang menganggap bahwa diet merupakan pembatasan makanan dan asupan sehingga banyak pula yang menganggap bahwa diet itu sangat menyiksa.

Sebenarnya, apa itu diet? Kata diet berasal dari bahasa Yunani yang berarti cara hidup. Oleh karena itu, diet yang baik sebenarnya merupakan diet yang bisa menjadi pola hidup diri kita sehari - hari. Diet juga bukan hanya dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan saja, tetapi orang yang sudah ideal dan ingin hidup sehat pun bisa.

Jadi, bagaimana cara diet yang simple, sehat dan tetap bisa makan enak? Simak beberapa tips berikut ini!

1. Mengatur Waktu Makan yang Tepat

Tak banyak orang yang sedang diet menjadi sangat mengurangi waktu makan, misalnya sehari hanya makan sekali. Jelas saja itu menjadi menyiksa. Padahal saat diet pun kita tetap perlu makan teratur agar tidak terjadi dampak yang buruk bagi kesehatan. 

Jangan pernah melewatkan waktu makan!

Sarapan sangat penting bagi kita agar mendapatkan tenaga sebelum mulai beraktivitas. Sarapan yang baik di pagi hari idealnya jam 7 sampai jam 8. Lalu jangan lupa untuk makan siang mengisi tenaga setelah setengah hari beraktivitas. Usahakan makan siang sekitar empat sampai 5 jam setelah sarapan, yakni pukul 11 atau 12 siang. Lalu selanjutnya jangan melupakan makan malam walaupun sedang diet. Waktu terbaik untuk menyantap makan malam adalah tidak kurang dari 3 jam sebelum tidur, idealnya sekitar pukul 6 sore. 

Jika kamu mengurangi waktu makan, biasanya kamu malah akan merasakan lapar yang amat sangat saat malam hari. Nah, saat kamu lapar dan berakhir makan di malam hari, hal itu yang membuat lemak bertumpuk dan terjadinya penimbunan kalori. So, jangan skip waktu makan ya!

2. Memilih Menu Makanan dan Mengatur Porsinya

Contoh makanan saat diet (sumber : data pribadi) 
Contoh makanan saat diet (sumber : data pribadi) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x