Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Menu Sahur Enak dan Sehat, Ini Dia 5 Pilihannya

17 Maret 2024   05:31 Diperbarui: 17 Maret 2024   07:40 717
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menu sahur yang sehat | dok. sajiansedap.grid.id / dimuat tribunnews.com

Kalau boleh jujur, makan sahur sebetulnya bukanlah saat yang tepat untuk makan enak. Ketika mata masih mengantuk, sulit sekali untuk membangkitkan selera makan.

Namun, karena niat yang kuat untuk melakukan ibadah puasa, maka makan sahur pun diusahakan tetap terlaksana dengan baik.

Memang, untuk berpuasa tidaklah diwajibkan makan sahur. Tapi, ajaran agama mengatakan bahwa mengakhirkan makan sahur sangatlah dianjurkan.

Jadi, kalau di Jakarta saat ini waktu salat subuh adalah pukul 04.43 WIB, maka dianjurkan makan sahur sekitar jam 04.10, dengan harapan sekitar pukul 04.33, makan dan minum sudah selesai.

Menu sahur tinggi serat menjadi pilihan agar aspek nutrisi dan kesehatannya tetap terjaga.

Agak bingung juga, apa ya sebaiknya menu sahur yang gampang dibikin, enak, dan sekaligus juga sehat. Beberapa pilihan berikut ini mungkin bisa jadi pilihan:

Pertama, berbagai jenis sayuran yang ditumis atau dibuat sop dengan mengandung bahan yang tinggi serat seperti wortel, brokoli hijau dan kacang merah.

Kedua, aneka makanan berbahan telur, seperti telur dadar, yang bisa dicampur dengan sosis atau bakso dan ditambah sedikit sayuran jamur.

Ketiga, aneka makanan berbahan daging ayam, seperti ayam goreng tepung, atau tumis ayam kecap yang dicampur tahu dan tempe.

Keempat, bagi yang malas makan nasi, bisa memakan oat yang banyak mengandung protein dan serat. Dengan mengonsumsi oat yang cukup, juga lebih mengenyangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun