Mohon tunggu...
Seto Wicaksono
Seto Wicaksono Mohon Tunggu... Recruiter

Kelahiran 20 Juli. Fans layar kaca Liverpool FC. Seorang suami, ayah, dan pekerja di suatu perusahaan.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Mengungkap Maksud Ucapan "Tunggu Informasi Selanjutnya" dari Staf HRD pada Sesi Wawancara Kerja

20 Januari 2020   18:45 Diperbarui: 21 Januari 2020   15:11 2667 3 2 Mohon Tunggu...
Mengungkap Maksud Ucapan "Tunggu Informasi Selanjutnya" dari Staf HRD pada Sesi Wawancara Kerja
Ilustrasi Wawancara Kerja via Kompas.com

Sebagai staf HRD khususnya di bagian perekrutan, saya sudah terbiasa mendapatkan labeling atau sebutan dari orang-orang sekitar, termasuk beberapa teman saya.

  • Pertama, mulai dari, "kalau HRD berarti jadi penentu nasib orang ya diterima kerja atau nggak", 
  • kedua "wah, udah biasa ketemu dan ngobrol sama banyak orang pasti supel". 
  • Yang terakhir dibilang master of PHP karena ucapan "tunggu aja informasi selanjutnya, ya. Kalau ada proses lanjutan akan dikabari" kepada para kandidat yang melamar kerja.

Begini, untuk ungkapan yang pertama, saya beranggapan bahwa staf HRD di mana pun bukan penentu nasib seseorang dalam bekerja.

Hal itu tentu kembali lagi pada kompetensi yang dimiliki setiap pelamar kerja, juga kualifikasi yang memang dibutuhkan dari suatu perusahaan. Selain memang motivasi, daya juang, juga semangat untuk belajar harus tetap ada. 

Sebab, teori dan praktik di bangku perkuliahan tentu tidak secara sistematis sama dengan dunia kerja.

Itu kenapa, dari sudut pandang saya, akan lebih nyaman jika posisi HRD diibaratkan jembatan atau penghubung bagi pelamar kerja dan posisi yang mereka lamar di perusahaan, alih-alih menjadi penentu nasib seseorang.

Selanjutnya, sebagai bagian dari tim rekrutmen yang sehari-harinya terbiasa bertemu dan berbincang dengan orang baru (para pelamar kerja) saya selalu dianggap orang yang supel, mudah bergaul, juga mudah akrab dengan seseorang bahkan semua orang.

Nyatanya tidak semudah itu, Mahmudi. Sesekali saya pun merasa gerogi sewaktu interview sekaligus bertemu dengan orang baru dengan segala latar belakangnya. Dan tetap memikirkan bagaimana caranya agar komunikasi terjalin dengan baik. Cukup manusiawi, kan?

Stigma lain yang seringkali disematkan pada saya sebagai staf HRD, mungkin juga orang lain dengan profesi yang sama, adalah dianggap PHP karena ucapan "ditunggu aja info selanjutnya, ya", pada setiap selesai proses interview.

Padahal, ada banyak makna tersirat dibalik kalimat tersebut yang biasa disampaikan di akhir interview oleh para staf HRD. Saya yang dulu sempat merasakan menjadi lulusan baru sekaligus pencari kerja pun sempat merasakan sensasi mendengar kalimat tersebut secara langsung.

Setidaknya, ada hal yang ingin disampaikan secara tidak langsung melalui kalimat tersebut kepada para pelamar.

Yang paling utama, sesuai dengan kalimat yang disampaikan, mohon menunggu. Sebab, biasanya ada beberapa kandidat yang juga direview dalam waktu bersamaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x