Mohon tunggu...
Dicky Saputra
Dicky Saputra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Talks about worklife and business. Visit my other blog: scmguide.com

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Apa Saja Kendala Menghadapi Wawancara Kerja?

3 April 2024   10:11 Diperbarui: 5 April 2024   13:51 526
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wawancara kerja. (Dok Shutterstock via Kompas.com)

Wawancara kerja seringkali menjadi momen yang menegangkan dan penuh tantangan bagi banyak orang. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebutuhan untuk menyampaikan diri dengan baik sampai menanggapi pertanyaan yang menantang dari pewawancara.

Di bawah ini, kita akan membahas beberapa kesulitan umum yang sering dihadapi saat menghadapi wawancara kerja dan bagaimana Anda bisa mengatasinya.

Menyampaikan Diri dengan Efektif

Menjelaskan pengalaman, keterampilan, dan kepribadian secara efektif kepada pewawancara merupakan tantangan dalam wawancara kerja. Hal ini karena Anda perlu menyampaikan informasi yang relevan dan meyakinkan tanpa terkesan terlalu sombong atau terlalu rendah diri.

Untuk mengatasi tantangan ini, persiapkan diri dengan baik sebelum wawancara. Buatlah daftar poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan, termasuk pengalaman kerja, keterampilan yang dipunya, dan aspek kepribadian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Selanjutnya, latihlah cara menyampaikannya secara jelas dan ringkas supaya pesan yang ingin disampaikan tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh pewawancara.


Dengan persiapan yang matang dan latihan yang cukup, Anda bisa mengatasi tantangan dalam menjelaskan pengalaman, keterampilan, dan kepribadian kepada pewawancara dengan lebih percaya diri.

Selain itu, ketika Anda sudah punya daftar poin-poin penting yang ingin disampaikan, Anda juga akan lebih mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dengan lebih terstruktur dan meyakinkan.

Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam wawancara kerja dan meningkatkan kesan positif terhadap diri Anda sebagai calon karyawan yang potensial.

Wawancara bisa menjadi momen yang sangat menegangkan dan menantang untuk banyak orang (Dylan Ferreira/Unsplash)
Wawancara bisa menjadi momen yang sangat menegangkan dan menantang untuk banyak orang (Dylan Ferreira/Unsplash)

Menanggapi Pertanyaan yang Menantang

Saat menghadapi wawancara kerja, seringkali Anda akan diminta untuk memberikan contoh konkret atau menunjukkan bagaimana Anda menangani situasi tertentu di masa lalu. Persiapan yang matang sangatlah penting dalam mengatasi tantangan ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun