Mohon tunggu...
Rita Wati
Rita Wati Mohon Tunggu... Guru - Guru Pemelajar

Berawal dari otodidak

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tips Meminta Tolong kepada Teman

26 Januari 2021   18:53 Diperbarui: 26 Januari 2021   19:12 1156 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sobat online sering sekali kita meminta tolong kepada teman dengan cara yang salah, asal ngomong, tanpa basa-basi dan tanpa memperhatikan mood rekan kita yang ingin kita minta tolong.

Nah, jika begini  yang diminta tolong biasanya akan mencari seribu alasan untuk menolaknya. Jika dikerjakanpun akan ogah-ogahan alias kurang ikhlas. Hasilnya sudah tentu tidak maksimal.

Nah Berikut ini Tips bagaimana caranya meminta tolong kepada teman atau rekan kerja kita. Ini juga bisa berlaku kepada siapapun , pasangan, anak, saudara maupun kaum kerabat lainnya yang kita memerlukan pertolongannya.

  1. Survei dulu apakah teman yang ingin kita minta tolong sibuk atau tidak. Kita bisa survei lewat statusnya ataupun bisa dilihat secara langsung sedang apa sobat kita ataupun rekan yang ingin diminta tolong.
  2. Basa - basilah kepada rekan kita dengan menanyakan "lagi sibuk gak?" jika rekan kita membalas tidak maka kita bisa melanjutkan tujuan kita.
  3. Jika bersedia berilah  waktu kepada rekan kita kapan ia bisa mengerjakannya dan jangan dipaksa "Hari ini jadi ya!" Hal ini sudah tentu membuat rekan kita merasa terbebani. Jika ia menolak dengan alasan, jangan dipaksa.
  4. Jika rekan kita sudah mengerjakan tugas yang kita berikan, berilah apresiasi seperti ucapan terimakasih dan jika pekerjaan tersebut memerlukan waktu dan tenaga maka berilah ucapan terimakasih berupa uang yang sesuai dengan jeri payahnya.
  5. Jangan segan-segan untuk memberikan ucapan terimakasih yang pantas atau sedikit lebih, karena dengan begitu rekan kita yang kita minta tolong akan dengan senang hati untuk membantu pekerjaan kita berikutnya.
  6. Sebaliknya jika kita pelit terhadap rekan kita maka ketika kita perlu bantuan rekan kita, maka mereka akan enggan untuk menolong.

Itulah 6 Tips cara meminta tolong kepada rekan kerja atau kepada siapapun. Hal yang terpenting selain 6 tips tersebut adalah kita bangun budaya saling asah, asih asuh sesama kita sehingga kita akan terbiasa untuk hidup saling tolong menolong.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan