Mohon tunggu...
Rinto F. Simorangkir
Rinto F. Simorangkir Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik, suami dan ayah bagi ketiga anak saya (Ziel, Nuel, Briel), suka baca buku, menulis, traveling dan berbagi cerita dan tulisan

Belajar lewat menulis dan berbagi lewat tulisan..Itu saja cukup

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Milenial Kunci Majukan Heritage of Toba dan Melegenda

24 September 2021   15:39 Diperbarui: 24 September 2021   15:42 132 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Milenial Kunci Majukan Heritage of Toba dan Melegenda
Saya dan murid saya di Sipiso-piso (Dok Pri) 

Baru-baru ini saya mencoba melakukan riset kecil-kecilan kepada beberapa teman yang sering melakukan aktivitas wisata ke berbagai destinasi yang ada di Indonesia bahkan manca negara. Yakni menggali fokus kepada apa yang yang ada di Bali tapi itu tidak ada di Danau Toba? Dan hasilnya lumayan mengejutkan saya. Yakni yang paling membedakan ternyata adalah  SDM-Sumber daya manusia nya.

Dan memang benar ketika saya sendiri adalah orang Sumatera Utara dan saat mencoba mengecek pernyataan mereka dengan apa yang saya temukan di lapangan boleh dibilang begitu adanya.

Misalnya hal paling sederhana saja soal keramahan, mereka mengemukakan bahwa warga Bali khususnya para pelaku wisatanya sangat begitu 'welcome' kepada para wisatawan yang datang. Sementara warga yang ada di sekitar Danau Toba boleh dibilang terkesan cuek dan sedikit kurang peduli.

Tentu ini menjadi PR yang besar bagi kita semua. Khususnya warga Sumut yang mayoritas warganya adalah para kaum milenial.

Potensi Milenial di Sumatera Utara

Danau Toba lokasi di Desa Nainggolan (dokpri) 
Danau Toba lokasi di Desa Nainggolan (dokpri) 

Berdasarkan Sensus Penduduk di tahun 2020, total warga Sumut hampir 15 juta orang. Dan kaum milenial nya hampir 60 persennya. Diperkirakan jumlahnya sebanyak kurang lebih 9 jutaan orang.

Dengan total hampir 9 jutaan orang bergerak dan katakanlah sepuluh persennya saja yakni sekitar satu juta orang milenial sepakat membangun desanya atau secara khusus membangun Danau Toba yang dikelilingi oleh 6 kabupaten di Sumatera Utara, bayangkan dampak yang diberikan di dalam membangun wisatanya, tentu akan sangat dahsyat bukan?

SDM menjadi kapital yang sangat penting di dalam membangun sebuah industri pariwisata bisa berkembang. Dan boleh dibilang bukan hanya di sektor Pariwisata saja, dalam hal majunya sebuah negara faktor yang paling menentukan sumber daya manusia di negara itu sendiri.

Screenshot dari Medsos @sandiagauno bersama Milenial Bangka Tengah 
Screenshot dari Medsos @sandiagauno bersama Milenial Bangka Tengah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan