Mohon tunggu...
Raiders Salomon Marpaung
Raiders Salomon Marpaung Mohon Tunggu... Guru Olahraga

Nama :Dr. Raiders Salomon Marpaung, MM. Alamat :Jl. Toram I No. 5, Jakarta 11820 Tempat, tanggal lahir :Bandung, 18 April 1962 Status : Menikah Pekerjaan: Guru PJOK di SMPK 6 PENABUR Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Atletik (Nomor Lari)

14 Juni 2021   19:46 Diperbarui: 14 Juni 2021   22:50 97 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Atletik (Nomor Lari)
Teknik Start Jongkok Dok: freedomsiana.id

Sudah setahun lebih, pendidikan di Indonesia menerapkan mengajar dari rumah bagi guru dalam mengajar dan belajar dari rumah bagi peserta didik dalam belajar. Situasi seperti ini menjadi tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu termasuk guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan proses belajar mengajar.

Dengan penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ), penggunaan teknologi bukan hanya sekedar untuk transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga merupakan upaya agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Dalam kondisi seperti ini, mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan juga perlu melakukan upaya tersebut.

Upaya tersebut antara lain melakukan penyesuaian penyampaian materi ajar dengan melakukan pemetaan untuk memilih materi essensial yang akan diajarkan. Untuk mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), salah satu materi ajar essensial yang perlu disampaikan kepada peserta didik kelas 8 adalah materi tentang Atletik. Teknologi yang digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar antara lain zoom meeting, google classroom, youtube dan ruang kelas kompasiana untuk memastikan pembelajaran tersampaikan dengan baik.

A. Pengertian Atletik

Kata atletik berasal dari bahasa Yunani, yaitu athlon yang berarti berlomba atau bertanding. Kita dapat menjumpainya pada kata pentathlon yang terdiri dari kata penta berarti lima atau panca dan athlon yang berarti lomba. Dengan demikian, pentathlon berarti pancalomba atau perlombaan yang terdiri dari lima nomor.  

Perlombaan atletik meliputi nomor perlombaan jalan cepat, lari, lompat, dan lempar. Dalam bahasa Inggris, perlombaan tersebut dinamakan dengan istilah track and field, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti perlombaan yang dilakukan di lintasan (track) dan di lapangan (field).

Istilah athletik dalam bahasa Inggris mempunyai pengertian yang luas meliputi berbagai cabang olahraga yang bersifat perlombaan atau pertandingan. Atletik adalah cabang olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia. Berjalan, berlari, melompat, dan melempar adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah panjang kehidupan manusia.

B. Sejarah Singkat Atletik

Ratusan tahun sebelum Masehi, berbagai suku bangsa mengadakan pertandingan untuk memilih siapa yang terkuat diantara dua orang pesertanya. Pertandingan tersebut bertujuan untuk memperoleh sesuatu hadiah atau untuk mendapatkan keududkan dalam kerajaan. Biasanya pertandingan tadi berakhir dengan tewasnya salah seorang dari pesertanya, karena sudah menjadi pertarungan antara hidup dan mati keduanya.

Bangsa Yunani yang terkenal sebagai bangsa yang berkebudayaan tinggi lambat laun berpendapat, bahwa pertandingan antar manusia tersebut sebetulnya tidak ada gunanya dan mempunyai pengaruh yang buruk bagi para penonton.

Segera diadakan perubahan dalam pertandingan ini dan coraknya jauh berlainan dari pertandingan pertama yang disebut tadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN