Mohon tunggu...
Oscar Tamio
Oscar Tamio Mohon Tunggu... "Lautan garam diantara gula"

Mahasiswa Universitas Bina Nusantara

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Steroid, Aman atau Kejam?

8 Januari 2020   07:50 Diperbarui: 8 Januari 2020   07:56 80 0 0 Mohon Tunggu...

Pada zaman modern ini para binaragawan, pegulat, dll. Menggunakan steroid, dan bertumbuh jauh lebih besar dari sebelumnya. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa steroid memberi Anda pertumbuhan otot yang ekstrem, tetapi adakah cara aman untuk mengonsumsi zat yang sangat anabolik ini?

Saya selalu kagum dengan fungsi tubuh, tulang dan otot apa, tanggung jawab mereka, dan cara membangun otot-otot ini. Saya sendiri menyukai binaraga dan senang bersaing dengan remaja lainnya. Yang benar-benar menarik minat saya adalah efek steroid anabolik. Binaragawan profesional saat ini serta pemain NFL, pegulat, dll. Menggunakan steroid, agar jauh lebih besar dari sebelumnya.

Tetapi adakah cara aman untuk mengonsumsi zat yang sangat anabolik ini? Banyak orang percaya bahwa steroid hanya buruk, dan banyak yang lain percaya bahwa steroid bisa sangat bermanfaat bagi atlet binaraga dan olahraga, jika dikonsumsi dengan benar.

Pada dasarnya steroid diproduksi di dalam tubuh secara alami. Pikiran pertama saya membuat saya percaya bahwa steroid akan aman untuk dikonsumsi.  

Kemudian saya membaca lebih jauh daftar dan membaca bahwa penggunaan steroid dapat menyebabkan kerusakan hati, tekanan darah tinggi, perilaku agresif dan penampilan karakteristik fisik pria pada wanita dan sebaliknya. Pada titik ini, saya bingung dan tidak melihat bagaimana efek samping ini dapat terjadi jika steroid diproduksi dalam tubuh secara alami.

Seorang binaragawan yang menggunakan steroid akan dapat berlatih berat enam hari seminggu dan masih tumbuh dari rutinitas itu sedangkan binaragawan alami akan dengan cepat berakhir overtrain.  

Seorang binaragawan yang menggunakan steroid dapat menggunakan lebih banyak protein daripada yang bisa ditangani oleh binaragawan alami karena obat ini memungkinkan retensi nitrogen yang lebih besar daripada yang dirancang untuk ditangani oleh tubuh manusia.  

Saya telah melihat binaragawan menggunakan siklus berat selama lebih dari satu dekade yang mengalami sedikit atau tidak ada efek samping, sementara yang lain menggunakan siklus minimal dan berakhir sangat sakit. Penyalahgunaan insulin dan diuretik bisa sangat mematikan, terutama jika pengguna tidak mengetahui penggunaan yang tepat.

Jadi untuk simplifikasi dan konklusinya, betul bahwa steroid akan merubah tubuhmu dan menumbuhkan ototmu dengan jangka waktu yang sangat cepat dan tidak realistis.

Oleh karena itu, reaksi tubuh orang berbeda-beda terhadap steroid. Ada yang memang tidak cocok. Tetapi untuk lebih jelasnya lagi. Menggunakan steroid sama seperti bermain judi, hoki-hokian dan tergantung beruntungnya kita.

Jika memang tubuh kita tidak cocok, maka bisa fatal akibatnya. Dan ada juga yang memang tidak mengalami apapun bahkan setelah sampai wafat panjang umur. Jika ingin membeli dan menggunakam steroid,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x