Mohon tunggu...
Opa Jappy
Opa Jappy Mohon Tunggu... Konsultan - Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

http://jappy.8m.net

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Serial Lansia: Kesemutan di Kaki dan Tangan

27 Januari 2022   19:35 Diperbarui: 20 Maret 2022   11:30 163 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi Kompas 

Lenteng Agung, Jakarta Selatan | "Semangat," suara cukup keras menyambut saya di ruang Apotek KF LA; suara dari para petugas di situ. Ya gitulah; gegara sejak dua tahun terakhir jadi customer tetap mereka, sehingga sudah hafal jika muncul, semua kebutuhan saya 'tinggal ambil' dan bayar.

Itulah sepenggal kegiatan (tambahan) saya setelah jadi lansia alias melewati 60 tahun (dan kini 65 tahun). Dan, ternyata menjadi lansia tak selamanya 'diwarnai' penyakit atau penyakitan.

Tapi, walau seperti itu, saya semakin ingat diksi 'Tetap Sehat Walau Lansia;' semoga Ini bisa berlangsung lama; demi bahagia bersama cucu-cucu, serta, ke depan, mau fokus nulis pengalaman (pribadi) sebagai lansia.

Sekali lagi walau seperti itu, tak bisa ditolak oleh lansia yaitu kaki kesemutan. Kesemutan (kaki dan tangan) pada lansia (laki-laki dan perempuan), sebagai gejala lumrah seperti uban, gigi rontok satu-satu, serta cepat tidur malam namun bangun subuh.

Kesemutan

Kaki kesemutan sering terjadi karena (i) terlalu lama duduk bersila, berlutut, ataupun menekan kaki pada satu posisi dalam jangka waktu yang panjang, (ii) tanda bahwa ada yang tidak beres pada tubuh, (iii) jika satu bagian tubuh terbebani, sehingga mengalami hambatan suplai darah ke saraf yang mengarah pada bagian tubuh. 

Kesemutan umumnya ditandai seperti ditusuk-tusuk, terbakar, bahkan mati rasa di salah satu atau kedua kaki. Kondisi tersebut tak berlangsung lama dan menghilang secara perlahan, (Opa Jappy, September 2020)

Namun, menurut berbagai sumber, jika keluhan kesemutan semakin meluas dari hari ke hari, sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya; maka patut waspada karena ada kemungkinan merupakan gejala awal penyakit lainnya.

Tips

So, untuk para lansia, jangan kuatir dan panik jika sering kesemutan; anggap saja sebagai 'keriput dan uban di Kulit,' bha bha bha bha. Tapi, walau kesemutan adalah sesuatu yang normal dan biasa-biasa saja, lansia bisa melakukan sesuatu agar tidak sering terjadi. Misalnya,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan