Mohon tunggu...
Nuning Sapta Rahayu
Nuning Sapta Rahayu Mohon Tunggu... Guru Pendidikan Khusus/Penulis/Asesor/Narasumber

Guru Pendidikan khusus, Penulis Buku Panduan Guru Pengembangan Komunikasi Autis, aktivis pendidikan dan pecinta literasi

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Mindset Positif Orang Tua, Kunci Optimalisasi Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus

19 September 2025   12:00 Diperbarui: 19 September 2025   10:48 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Orang tua dan anak berkebutuhan khusus ( Sumber: freepik)

Mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK) bukan sekadar perkara terapi dan sekolah inklusif. Peran orang tua dengan pola pikir yang positif justru menjadi fondasi utama dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional, penerimaan tanpa syarat, serta keterlibatan aktif orang tua terbukti membawa dampak signifikan terhadap perkembangan anak, baik dari sisi komunikasi, keterampilan sosial, maupun kesejahteraan psikologis.

Membuka Kesadaran Publik

Tidak sedikit orang tua yang merasa kewalahan ketika mengetahui anaknya terlahir dengan kebutuhan khusus. Banyak yang berlarut dalam rasa sedih, bingung, bahkan menyangkal keadaan. 

Namun, di balik keterbatasan, ada peluang besar yang dapat dioptimalkan. Seringkali fokus keluarga hanya tertuju pada terapi medis atau pendidikan inklusif, padahal kunci utama justru terletak pada pola pikir orang tua dalam menerima dan mendampingi anak.

Alih-alih memandang dengan rasa kasihan, orang tua perlu menggeser perspektif menjadi pemberdayaan. Anak berkebutuhan khusus bukan sekadar “beban keluarga,” melainkan individu dengan potensi yang bisa tumbuh dan berprestasi jika mendapatkan dukungan yang tepat.

Bukti Ilmiah Peran Mindset Positif

Penelitian internasional dan nasional telah membuktikan peran penting mindset orang tua dalam perkembangan ABK:

  • Meta-analisis 27 studi dengan 1.325 keluarga anak dengan disabilitas intelektual usia dini menemukan bahwa intervensi yang menargetkan kualitas hubungan orang tua–anak memberikan peningkatan signifikan terhadap interaksi dan kemampuan sosial anak (effect size besar, g = 1,08).
  • Studi mengenai Parent-Implemented Interventions (PIIs) pada anak dengan autism spectrum disorder (ASD) menunjukkan dampak kuat dalam meningkatkan kemampuan bahasa, komunikasi, dan perilaku positif, sekaligus mengurangi perilaku maladaptif.
  • Di Indonesia, penelitian yang dilakukan di Banda Aceh menemukan korelasi positif antara mindful parenting dengan kesejahteraan orang tua anak berkebutuhan khusus. Semakin penuh kesadaran dan penerimaan orang tua, semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan psikologis mereka.
  • Riset di Pontianak mencatat, hanya 45% orang tua anak dengan autisme yang mampu menerima kondisi anaknya dengan utuh, sementara 55% masih berjuang dalam proses penerimaan. Angka ini menunjukkan betapa pentingnya program pendampingan bagi keluarga.

Praktik Mindset Positif dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berdasarkan penelitian, pola pikir positif dapat diwujudkan dalam bentuk sederhana, antara lain:

  • Penerimaan tanpa syarat, tidak membandingkan anak dengan teman sebaya.
  • Fokus pada potensi, bukan keterbatasan, misalnya mengembangkan bakat seni atau musik.
  • Memberi kesempatan mencoba hal baru, meski penuh tantangan.
  • Komunikasi hangat dan apresiatif, yang terbukti memperkuat ikatan emosional dan motivasi anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun