Mohon tunggu...
Nugroho Purbohandoyo
Nugroho Purbohandoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Humas RSI Banjarnegara

senang menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Anda Merasa Mudah Lelah, Ini Penyebab dan Solusinya

21 September 2022   06:19 Diperbarui: 21 September 2022   06:43 98 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokter Masrurotut Daroen atau Dokter Rury, RSI Banjarnegara Jawa Tengah. Dok Pri.

BANJARNEGARA - Bagi Dokter Masrurotut Daroen atau Dokter Rury, dari RSI Banjarnegara Jawa Tengah, kelelahan adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kelelahan dan kekurangan energi yang mungkin disebabkan oleh kurang tidur, infeksi.

"Karena ini adalah kondisi yang cukup normal dan umum, kebanyakan orang dewasa pernah mengalaminya. Itu biasa, yang menjadi masalah jika kelelahan dalam waktu lama, atau kronis," ucap Rury.

Kebanyakan orang yang menderita kelelahan kronis biasanya menderita kondisi yang lebih serius, yang meliputi fibromyalgia, sindrom imunodefisiensi kelelahan kronis, lupus atau rheumatoid arthritis.

Ia mengungkapkan, agar tahu cara mengatasi kelelahan kronis, pertama-tama kita perlu melihat apa yang menyebabkan kondisi ini.

Berikut adalah alasan paling umum mengapa orang menderita kelelahan kronis:

Infeksi

Beberapa infeksi virus dan bakteri dapat menyebabkan kelelahan kronis. Namun, kelelahan kronis biasanya hilang setelah infeksi sepenuhnya sembuh atau diobati.

Latihan berlebihan

Orang-orang yang menempatkan pikiran dan tubuh mereka secara ekstrim biasanya menderita kelelahan kronis. Misalnya atlet menjalani pelatihan yang ketat, mereka adalah orang-orang yang biasanya mengalami kelelahan kronis karena latihan dan pengerahan tenaga yang berlebihan.

Depresi dan kecemasan

Beberapa ahli menghubungkan kelelahan kronis dengan gangguan psikologis. Dengan demikian, orang yang menderita kecemasan dan depresi berat adalah orang-orang yang juga terserang kelelahan kronis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan