Mohon tunggu...
Muhammad Fuady, S. Farm., Apt.
Muhammad Fuady, S. Farm., Apt. Mohon Tunggu... wiraswasta -

Sebagai Founder & CEO of mbojosouvenir.net Store and production konveksi, Designer, Freelancer, writer, reader. Saya juga mendapat kepercayaan sebagai Consultant di bisnisUKM.com dan beberapa media sharing bisnis lainnya. Saya lulusan Farmasi UII dan Apoteker UII Yogyakarta, asli Bima NTB dan Sekarang tinggal di Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Pentingnya Suasana Humor Kekeluargaan di Tempat Kerja Bisnis Kita

11 Februari 2015   15:40 Diperbarui: 17 Juni 2015   11:27 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Memang, tak bisa dipungkiri kalau bisnis tentu penuh dengan keseriusan, semua focus dengan pekerjaan, semua focus dengan hasil yang terbaik. Dan tentu, dengan keseriusan tersebut akan membantu kita tidak malas atau menunda sesuatu. Tapi sayangnya, jika semua dibawa serius justru akan membuat tertekan pada kondisi tertentu. Selama saya menjalankan bisnis saya mbojosouvenir.net, saya tetap membuat karyawan saya nyaman, karena saya yakin itu sangatlah penting. Mendapatkan suasana yang nyaman dalam bekerja atau berbisnis sangatlah penting. Entah itu antara kita kepada karyawan kita, kita kepada konsumen kita dan juga kita terhadap relasi bisnis kita. Menciptakan suasana humor dan kekeluargaan ditempat kerja bisnis kita sangatlah penting. Dibawah ini, saya akan menguraikan tentang manfaat Pentingnya suasana Humor dan kekeluargaan ditempat kerja bisnis kita, selamat membaca J


  1. Membuat suasana menjadi Rilex

Pernah perhatikan pembawa acara berita yang selalu menyisipkan sesuatu humor ringan ketika setelah membacakan berita? Itu bertujuan agar penonton bisa kembali relax. Menyisikan guyonan ringan sangat penting, ini membantu lawan bicara kita menjadi nyaman dan tidak terlalu banyak ketegangan didalamnya. Jadilah pencair suasana diruang kerja, agar membuat semua tidak stress dengan tekanan.


  1. Humor meningkatkan kreatifitas

Terkadang , jika kita terlalu serius berfikir sesuatu, justru kita akan kewalahan untuk menemukan solusi. Humor dalam bisnis akan membantu seseorang untuk melihat sesuatu secara kreatif dan tentunya akan menemukan solusi baru yang tak terpikir sebelumnya. Fokus tetap boleh, hanya saja tidak berlebih.


  1. Suasana kekeluargaan dan tingkat kepercayaan

Mendapatkan kepercayaan dari tim, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa yang diinginkan rekan tim kita. Suasana kekeluargaan sangat membantu membangun dan meningkatkan kepercayaan tim kepada kita. Buatlah suasana menjadi tenang dan tidak terlalu banyak ketegangan.


  1. Untuk konsumen, ini akan membangun kesetiaan konsumen

Membangun relasi dengan konsumen kita sangatlah penting. 1 s/d 3 konsumen yang loyal “lebih penting” dibanding 10 Konsumen yang mudah pergi begitu saja. Suasana kekeluargaan dan humor didalamnya akan menciptakan loyal dari konsumen kita. Jagalah relationship kita terhadap konsumen kita.


  1. Menjadi lebih fleksibel

Ketika bekerja, inisiatif sangatlah perlu. Ketika sudah menjadi pimpinan disuatu perusahaan, kita harus tetap menjaga fleksibilitas kita. Jangan sampai ada sekat yang membuat suasana menjadi kaku, ini sangat membantu eksistensi dari bisnis yang kita jalani. Anggaplah rekan tim bisnis kita adalah keluarga kita, ketika dia rumit, bantulah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun