Mohon tunggu...
Michael JuliusFigun
Michael JuliusFigun Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Universtitas Atma Jaya

Michael Julius Figun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menulis Online? Cara Baru dalam Menulis yang Perlu Dipahami Banyak Orang!

8 September 2021   11:46 Diperbarui: 8 September 2021   11:54 49 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penulisan Naskah Digital berkaitan erat dengan Jurnalistik

Pernakah kalian menulis sebuah cerita pendek? ataupun hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kegiatan tulis menulis. Hal ini merupakan hal yang sudah tidak asing terdengar dan bahkan hampir setiap hari kita lakukan khususnya kita yang masih menjadi mahasiswa.

Menulis dijaman sekarang tidaklah menulis dengan gaya kuno yang memerlukan beberapa media tambahan mulai dari alat tulis hingga kertas, melainkan menulis secara daring atau online. Hal ini merupakan kebiasaan baru atau dapat dikatakan sebagai pelopor adanya news media dalam perkembangan teknologi yang ada.

Kita akan mengenal lebih dalam arti dari menulis online khususnya mengapa kita harus dapat menulis online di masa seperti ini. Perkembang teknologi dan informasi menyebabkan beberapa perkembangan dan salah satunya adalah pengembangan dari cara penulisan yang didesain lebih sederhana dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Penulisan online atau dalam kata lain adalah penulisan digital perlu kita pahami di jaman yang dipenuhi oleh perkembangan teknologi dan kebiasaan baru (News Media). Menulis online sendiri merupakan penulisan yang diartikan sebagai kegiatan penulisan yang dikonvergensikan oleh media internet. Contoh terdekat adalah platform yang saat ini saya gunakan sebagai tempat penulisan berita atau artikel yakni Kompasiana.

Menurut Devoss Dkk (2010), seluruh masyarakat dapat bebas mengeskpresikan dirinya di internet. Pernyataan tersebut menjadi fondasi dasar yang dimana kita dapat mengeskpresikan diri kita atau apaun itu melalui tulisan yang kita tuangkan dalam kegiatan digital ini.

Penulisan secara online ini amatlah penting bagi masyarakat dikarenakan segala bentuk opini, pengiklanan, video advertising, pengenalan brand, pengenalan seseorang, dan sebaginya dilakukan secara online dan hal tersebut membutuhkan penulisan digital yang baik. Penulisan tersebut biasa disebut dengan caption yang memperjelas makna dari sebuah produk digital. Penulisan online juga dimanfaatkan secara besar besaran dalam kegiatan jurnalisme saat ini karena jalur informasi yang menjadi kebutuhan utama masyarakat adalah internet.

Menurut Devoss dkk (2010) terdapat beberapa aspek penting yang mendasari penulisan online ini dan hal ini perlu kita pahami secara seksama untuk mempertajam penulisan kita khususnya di media internet ini.

1. Aspek Fungsional

Aspek yang pertama merupakan aspek yang dimana kita harus memperhatikan seluruh teknikal fungsi yang akan ada dalam penulisan kita nanti. Mulai dari pengolahan kata dan kalimat yang efektif hingga perencanaa topik yang akan dilaksanakan.

2. Aspek Kritis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan