Mohon tunggu...
Muhammad FarisLuthfianto
Muhammad FarisLuthfianto Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger

BINUSIAN 2018 S.ikom. Marketing Communication ( Corporate Public Relation ) Blogger. IG : mfarisl E-mail : luthfiantofaris@gmail.com WA : 081282083950

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Owning Experience Chevrolet Captiva Selama Pemakaian 2 Tahun

21 Juli 2021   19:41 Diperbarui: 21 Juli 2021   19:53 6710
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Chevrolet Captiva Facelift 2017  (Sumber : Ortizaku.com )

Pada hari ini saya akan menjelaskan mengenai pengalaman saya ketika saya merawat mobil Chevrolet Captiva . Waktu itu saya membeli mobil ini pada tahun 2017 akhir dimana saat itu saya masih menginjak kuliah di semester 7 di salah satu perguruan tinggi swasta di kawasan Alam Sutera, Tangerang selatan. saya membeli mobil ini bersama orang tua saya di Showroom di kawasan gading serpong, 

Tangerang. namun mengapa saya dan orang tua saya lebih memilih  Chevrolet Captiva, ,  karena  mobil ini desainya lebih keren dan terlihat lebih maco di bandingkan dengan kompetitor lainnya seperti honda CRV, Nissan Xtrail, dan Suzuki Grand Vitara. namun, setelah itu saya langsung di belikan oleh orang tua saya mobil tersebut untuk di pake kuliah dan perjalanan ke luar kota.  Warna mobil yang saya beli adalah warna silver dan mobil tersebut  tahun 2013 yang artinya sudah mengalami Facelift pertama.  

Chevrolet Captiva merupakan salah satu jenis SUV andalan dari Chevrolet yang di luncurkan pada tahun 2007. SUV jenis ini merupakan SUV yang terbaik pada saat itu karena mobil SUV ini lebih nyaman dan memiliki desain yang sangat gagah di bandingkan dengan kompetitor lainnya . untuk kenyamannya sendiri  di bandingkan dengan Nissan X- Trail yang merupakan SUV jepang yang terbaik pada masa itu, chevrolet Captiva ini lebih nyaman ketika di pakai  perjalanan jauh. 

Pada saat saya membawanya ke luar kota  yang saya rasakan adalah kekedapan kabin dan kestabilannya sangat baik dan ketika di pake di Tol dengan kecepatan 140 km/h yang saya rasakan tidak adanya guncangan sama sekali bahkan walaupun pada saat itu kecepatannya sangat tinggi. Namun, di bandingkan dengan kompetitor lainnya mobil ini memiliki basisnya yang monoccue. untuk tipenya sendiri Chevrolet Captiva memiliki 2 varian mesin yaitu mesin bensin dan mesin diesel. untuk pilihan transmisinya sendiri Chevrolet Captiva memiliki 2 pilihan transmisi yaitu transmisi manual dan transmisi  otomatis. 

Mesin Captiva diesel 2.0 VCDI ( sumber : Ortizaku.com )
Mesin Captiva diesel 2.0 VCDI ( sumber : Ortizaku.com )

Untuk yang tipe transmisi manual hanya ada di varian bensin, sedangkan untuk yang varian diesel hanya menyediakan transmisi otomatis dengan memiliki 2 tipe penggerak roda yaitu penggerak 2 roda depan dan AWD. sedangkan untuk yang tipe varian bensin hanya menyediakan sistem 2 penggerak roda depan. 

Untuk perbedaan mesin, Chevrolet Captiva memiliki varian bensin dan diesel, untuk yang varian bensin memiliki kapasitas mesin 2400cc dengan tenaga 165 HP dan torsi 230 NM dengan pilihan transmisi manual dan otomatis 6 percepatan.

Untuk yang varian diesel dengan mesin 2000 cc dengan turbo dan memiliki tenaga 163 HP namun untuk torsi yang sangat besar yakni 400 NM di 2000 rpm. untuk varian diesel sendiri hanya menyediakan transmisi otomatis dengan pilihan sistem penggerak 2  roda depan dan sistem AWD ( All Wheel Drive ). sistem AWD merupakan sistem 4 penggerak roda. untuk tipe yang saya ambil waktu itu adalah  tipe varian diesel dengan hanya penggerak 2 roda depan dan bertransmisi otomatis. 

Oli Total 5w-30 Dexos 2 ( Sumber: tangkap layar dari ecommerce )
Oli Total 5w-30 Dexos 2 ( Sumber: tangkap layar dari ecommerce )

untuk perawatannya sendiri saya selalu mengganti oli rutin di setiap 7000 - 10000 Km dengan menggunakkan oli SAE 5w-30 Full sintetis dengan spesifikasi API SN / CF /CL dengan kelebihannya yaitu Dexos 2 , untuk oli bawaannya Chevrolet biasanya menggunakkan Oli bermerk Q8. Merk oli tersebut merupakan oli bawaan dari chevrolet yang sudah mengandung Dexos 2 yang artinya merupakan spek oli tersebut di gunakan untuk mobil eropa dan amerika. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun