Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mencermati Ulasan Konsumen Pada e-Commerce

21 September 2021   08:19 Diperbarui: 21 September 2021   08:23 213 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mencermati Ulasan Konsumen Pada e-Commerce
Image: Strategi Mengelolah Penilaian dan Ulasan Konsumen (File by Merza Gamal)

Ketika perilaku konsumen berubah secara radikal setelah Covid-19, perusahaan yang tidak mengikuti langkah akan mendapati diri mereka dikesampingkan, terutama karena lebih banyak pesaing memasuki ranah online, seperti e-commerce.

Pengecer dan pemain CPG (Consumer Packaged Goods) sekarang memiliki banyak prioritas dalam penjualan online, Namun demikian, mereka tidak dapat mengabaikan bagaimana pertumbuhan ulasan dan peringkat online akan mengubah bisnis mereka, bukan sekedar memikirkan strategi bagaimana mereka memasarkan produk. Akan tetapi juga bagaimana mereka mengembangkan dan mendesain ulang produkmereka.

Apabila mereka berhasil menambang umpan balik konsumen dan mengumpulkan wawasan terperinci, produk baru mereka akan mengumpulkan umpan balik yang lebih baik daripada pemenang sebelumnya. Siklus yang baik ini dapat berlanjut tanpa batas, dan perusahaan dapat mencapai pertumbuhan yang luar biasa sebesar 5, 10, atau 20 persen di dunia di mana pertumbuhan yang sukses biasanya diukur dalam basis poin.

Akankah konsumen kembali ke kebiasaan lama mereka setelah Covid-19 dikendalikan secara global?

McKinsey Global Institute (MGI) dalam laporan Maret 2021 yang meneliti belanja konsumen di China, Prancis, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat, menyebutkan bahwa banyak tren, seperti adopsi saluran digital dan peningkatan jumlah uang yang dihabiskan untuk layanan, telah terganggu, dipercepat, atau dibalik selama pandemi.

Untuk menentukan apakah pola-pola baru ini akan bertahan hingga tahun 2024, MGI melihat beberapa perubahan baru-baru ini dalam belanja e-grocery, kunjungan perawatan kesehatan virtual, pembelajaran jarak jauh, perjalanan udara santai, hiburan langsung, dan waktu yang dihabiskan di rumah bersarang.

Laporan tersebut menyarankan bahwa percepatan adopsi teknologi digital diperkirakan akan bertahan di beberapa daerah; misalnya, pandemi membuat orang menghabiskan lebih banyak waktu dan uang di rumah --- kebalikan dari tren yang sedang berlangsung --- dan ini dapat berlanjut karena lebih banyak orang akan bekerja dari rumah. Sementara itu, peningkatan pembelajaran jarak jauh dan penurunan perjalanan udara santai dan hiburan langsung cenderung berbalik.

Tentu saja, situasinya tetap cair, karena pandemi telah menimbulkan begitu banyak ketidakpastian. Misalnya, laporan MGI menyarankan bahwa saluran digital untuk belanja bahan makanan akan terus tumbuh, tetapi survei McKinsey yang lebih baru menunjukkan bahwa penggunaannya telah menurun.

Survei terakhir juga menunjukkan bahwa pertumbuhan saluran digital telah merata di Eropa dan Amerika Serikat selama beberapa bulan terakhir dan mungkin menurun di industri tertentu. Namun, secara keseluruhan, adopsi teknologi digital akan tetap jauh di atas tingkat prapandemi.

Dalam bisnis yang mengadopsi teknologi digigital seperti e-commerce, perusahaan dapat dengan mudah mengenali hubungan antara peringkat bintang online dan penjualan. Akan tetapi, sebagian perusahaan belum memeriksa dengan cermat pertumbuhan inkremental dari setiap bintang yang mereka dapat dari konsumen online.

McKinsey melakukan penelitian dengan mencoba untuk mengukur hubungan tersebut dengan menganalisis ulasan dan peringkat pada kategori terlaris di platform online utama dengan ratusan ribu SKU (Stock Keeping Unit) individu selama rentang waktu dua tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan