Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Mengevaluasi Efektivitas Kerja Hybrid

20 Agustus 2021   06:53 Diperbarui: 26 Agustus 2021   07:49 827 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengevaluasi Efektivitas Kerja Hybrid
Ilustrasi hybrid work | Sumber: Dragonimages via money.kompas.com

Pada puncak pandemi, pekerjaan jarak jauh bukanlah pekerjaan jarak jauh yang "seperti biasa". 

Seorang manajer harus dapat menemukan cara mengelola dari jarak jauh, bahkan jika mereka tidak memiliki pengalaman sebelumnya. 

Sekarang pertanyaan baru tentang pekerjaan jarak jauh muncul, yaitu terkait bagaimana kita menciptakan pengalaman insan perusahaan yang konsisten di ruang virtual dan tatap muka? Bagaimana memastikan bahwa pekerja jarak jauh merasa dilibatkan dalam tim mereka? Bagaimana bisa memastikan kinerja dan promosi adil, terlepas dari kehadiran di kantor?

Ketika para eksekutif perusahaan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, mereka harus fokus pada pelatihan dan pengembangan manajer. 

Manajer sebagian besar bertanggung jawab untuk menavigasi dan menerapkan keputusan tentang pekerjaan jarak jauh -- dan pendekatan mereka akan memengaruhi keterlibatan dan kinerja tim. 

Penelitian Gallup, pada bulan Maret 2021, menunjukkan bahwa pekerja jarak jauh sangat produktif ketika mereka dikelola dengan baik dan memiliki tugas yang sesuai untuk pekerjaan jarak jauh.

Manajer yang dilengkapi dengan baik akan memiliki kepercayaan diri dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menetapkan harapan yang jelas dan melakukan percakapan yang menarik, bahkan ketika "normal baru" adalah sesuatu yang akan diatur atau tidak ada aturan yang jelas.

Banyak sudah pembahasan tentang potensi penghematan biaya dari pekerjaan jarak jauh. Misalnya, organisasi dengan kantor yang lebih kecil -- atau tanpa kantor -- tentu saja mengurangi biaya overhead. Tetapi pengusaha mungkin harus mempertimbangkan untuk mengalihkan, bukan hanya mengurangi biaya.

Contohnya teko kopi kantor biasa. Para pemimpin mungkin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam kopi berkualitas lebih tinggi pada beberapa hari tertentu untuk mendorong interaksi sosial yang disengaja dan menciptakan pengalaman di kantor yang lebih baik. 

Efektivitas kerja hybrid | Sumber: Dokumentasi Merza Gamal 
Efektivitas kerja hybrid | Sumber: Dokumentasi Merza Gamal 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan