Mohon tunggu...
Meidy Yafeth Tinangon
Meidy Yafeth Tinangon Mohon Tunggu... "write and share for empowering, peace and justice"

www.meidytinangon.com | www.info-pemilu-pilkada.online | www.pikir.net | www.globalwarming.web.id | www.minahasa.xyz | www.mimbar.online |

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Pilihan

203 Bapaslon Perseorangan Pemilihan 2020 Mulai Berguguran

30 Juli 2020   12:08 Diperbarui: 30 Juli 2020   13:26 121 18 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
203 Bapaslon Perseorangan Pemilihan 2020 Mulai Berguguran
|| foto dokumen siaran pers KPU | Sumber. humas KPU | 

Selain dapat diajukan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, kandidat peserta Pemilihan Serentak Tahun 2020 juga dapat mendaftar melalui jalur Perseorangan dengan terlebih dahulu mengajukan dokumen dukungan kepada KPU Provinsi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur atau Kepada KPU Kabupaten/Kota untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota. Berikut ini, progres penyampaian dokumen dukungan dan hasil verifikasi dukungan Bakal Pasangan Calon sebagaimana siaran pers yang di ekspose humas KPU.

Pada tahapan penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan (Bapaslon), terdapat 2 bakal pasangan calon yang menyerahkan dukungan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara. Sedangkan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota terdapat 201 bakal pasangan calon perseorangan, yang tersebar di 127 kabupaten/kota. 

Dengan demikian total Bapaslon perseorangan yang menyerahkan dokumen dukungan adalah 203 Bapaslon. Menurut Siaran Pers KPU, jumlah 203 tersebut telah berkurang akibat ada Bapaslon yang tidak memenuhi syarat jumlah dukungan dan sebaran, mengundurkan diri dan tidak memperbaiki kekurangan jumlah dukungan dan sebaran dukungan.   

Mulai Berguguran Sebelum dan Di Saat Verifikasi Administrasi

Setelah dilakukan pengecekan terhadap pemenuhan syarat minimal dukungan dan sebaran, maka dokumen dukungan calon perseorangan yang memenuhi syarat untuk dilakukan verifikasi administrasi adalah sebanyak 2 bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, serta 154 bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota.

Sebelum dilaksanakan tahapan verifikasi administrasi, 1 (satu) bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Karo (Sumatera Utara) mengundurkan diri, sehingga tidak dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi. 

Di tengah pelaksanaan tahapan verifikasi administrasi, terdapat 5 (lima) bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota yang mengundurkan diri, yaitu di Kabupaten Minahasa Utara (Sulawesi Utara), Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), Kabupaten Manggarai Barat (Nusa Tenggara Timur), Kabupaten Fakfak (Papua Barat), serta Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Atas pengunduran bakal pasangan calon tersebut, KPU Kabupaten Minahasa Utara, KPU Kabupaten Pangandaran, KPU Kabupaten Manggarai Barat, KPU Kabupaten Fakfak dan KPU Kota Banjarmasin tidak melanjutkan tahapan verifikasi faktual.

Verifikasi Faktual

Dengan demikian, dokumen dukungan calon perseorangan yang diverifikasi administrasi dan dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual adalah sebanyak 2 bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, serta 148 bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati /Walikota dan Wakil Walikota.

Tahap selanjutnya setelah verifikasi administrasi adalah tahapan verifikasi faktual kepada para pendukung. Verifikasi faktual dimulai dengan tahapan PPS mendatangi pendukung di tempat kediamannya untuk menanyakan dukungannya kepada bakal pasangan calon. Apabila saat didatangi PPS, pendukung tidak dapat ditemui, tahap berikutnya adalah PPS berkoordinasi dengan bakal pasangan calon atau tim penghubungnya untuk menghadirkan pendukungi di waktu dan tempat yang telah ditentukan bersama. Jika pendukung tidak hadir pada pertemuan tersebut, maka bagi pendukung masih diberi kesempatan untuk datang ke kantor PPS guna menyatakan bentuk dukungannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN