Mohon tunggu...
Mas Nawir
Mas Nawir Mohon Tunggu... Wiraswasta/Penulis lepas

Vlogger Blogger Youtuber

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Belajar Membuat Gerabah di Galery Arum Art Borobudur

26 Mei 2020   21:01 Diperbarui: 26 Mei 2020   20:57 60 15 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Membuat Gerabah di Galery Arum Art Borobudur
Galery Arum Art Borobudur | dokpri

Kesenangan apa yang anda dapat dari mengolah tanah menjadi sebuah benda bermakna?

Kepuasan pasti terlukis dari wajah-wajah sumringah orang yang bisa mengerjakan pekerjaan yang penuh ketelitian ini.

Gerabah adalah nama berbagai benda yang dibuat dari tanah liat yang halus.  tanah diuleni menggunakan air, jadilah adonan tanah yang elastis dan mudah dibentuk.

Adonan tanah ini digunakan untuk membuat gerabah yang bernilai jual sehingga menjadi sumber penghidupan. Dan kampung seperti ini dinamakan kampung gerabah.

Klipoh adalah salah satu dusun di kecamatan Borobudur Magelang yang merupakan salah satu destinasi wisata edukasi kerajinan tangan yang sudah terkenal di Indonesia bahkan berbagai belahan dunia.

Belgia,Belanda, Jerman, Amerika, Jepang, Spanyol, adalah negara yang tercatat warganya pernah berkunjung ke tempat ini.
Arum (28) mencatat setiap tamunya dalam sebuah buku besar untuk mengecek kunjungan orang ke galerinya.

Adonan tanah liat yang lembut tersentuh tangan dan elastis dibentuk di atas batu penggilingan seakan menggambarkan akselerasi keserasian alam dalam memberi manfaat kepada manusia. Bata, genteng, adalah bentuk kerajinan selain gerabah yang bisa dibentuk oleh tanah liat.

Mengajari pengunjung membuat gerabah |dokpri
Mengajari pengunjung membuat gerabah |dokpri

Tangan yang belum terbiasa akan gemetar karena ragu, sehingga putaran batu justru menghancurkan gerabah yang sudah dibangun. Tapi terkadang seseorang tangannya sangat luwes, sehingga penampilan perdana membentuk tanah bisa langsung jadi  barang sederhana dengan bentuk yang mudah, seperti mangkok atau cobek.

Arum juga menyediakan alat cetak  selain penggilingan. Sehingga dari alat ini bisa dibentuk berbagai benda seperti topeng,binatang, atau peralatan sederhana. Cetakan ini berupa tangkupan dari sisi kiri dan dan kanan yang apabila disatukan akan membentuk barang sesuai yang dikehendaki.

Bagi yang sudah mahir cukup diberikan instruksi | dokpri
Bagi yang sudah mahir cukup diberikan instruksi | dokpri

Lebaran tahun lalu saya mengunjungi tempat ini. Melihat secara langsung bagaimana sebuah gerabah dibuat. Dari adonan tanah liat dan disentuh menggunakan tangan yang basah, berputar sesuai dimensi bundar searah perputaran batu penggilingan.

Tangan Arum cekatan mengarahkan jari2 pengunjung agar tangan berada di posisi yang pas,   gerabah mudah dibentuk searah gerakan tangan , sambil  mulutnya terus memberi semangat bahwa usaha membuat gerabah itu akan berhasil.

Beberapa pengunjung berhasil sukses membetuk gerabah sederhana. Dan yang lain  gagal, bahkan menjelang finish karena salah dalam menyentuhnya.

Galery Art milik Arum setiap hari juga menerima kunjungan dari berbagai sekolah dan instansi pemerintah. Para pembelajar ini biasanya mencoba mengolah adonan tanah dan membawa pulang hasilnya. Ada pula yang membeli  adonan tanah untuk dibuat di rumah.

Bukan hanya pengunjung perseorangan, instansi pemerintah dan sekolah-sekolah juga sering berkunjung ke tempat ini.

Bertemu pejabat yang sedang berkunjung | dokpri
Bertemu pejabat yang sedang berkunjung | dokpri

Waktu saya berkunjung tahun lalu bahkan bertemu dengan  AKBP Idham Mahdi Kapolresta  Magelang beserta keluarganya, dan memberikan bahwa di dalam negeri khususnya Kabupaten Magelang banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi. Sehingga kita tak perlu berwisata ke luar negeri karena di dalam negeri sangat banyak lokasi wisata yang sangat layak dikunjungi.

Sebab berwisata ke dalam negeri sama dengan ikut berpartisipasi dalam menggerakkan roda ekonomi yang menghidupi masyarakat sekitar sebagai pelaku wisata.

Nanti setelah Pandemi berlalu, Kampung Klipoh sebagai sentra pembuatan gerabah patut dijadikan referensi untuk dikunjungi.
Karena selain sebagai tempat rekreasi, kampung Klipoh menjadi tempat yang paling cocok untuk proses edukasi mengolah adonan tanah menjadi barang yang lebih bernilai, memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitarnya.

Dan anda layak mengunjunginya ...

Inilah video selengkapnya:

VIDEO PILIHAN