Mohon tunggu...
Maritza Fitri Diredja
Maritza Fitri Diredja Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa

Seorang mahasiswa S1 Akuntansi UPN Veteran Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aktualisasi Demokrasi Pancasila di Tengah Pandemi Covid-19

4 Desember 2022   21:25 Diperbarui: 4 Desember 2022   22:00 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Maritza Fitri Diredja 

Nabila Aisha Faturahman 

Natasya Juliarta Silitonga 

S1 Akuntansi,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis,

Universitas Pembangunan Nasionala "Veteran" Jakarta.

Abstrak

Saat ini, setiap sendi negara Indonesia selayaknya menganut Pancasila agar dampak pandemi ini tidak semakin parah dan meluas. Pancasila adalah dasar falsafah negara, atau ideologi negara. Dalam kaitan ini, Pancasila berfungsi sebagai seperangkat asas dan standar yang memandu penyelenggaraan negara atau sebagai landasan untuk mengendalikannya. Agar negara kita berhasil memerangi pandemi Covid-19, harus ada koordinasi antara negara dan Pancasila. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Berdasarkan hal ini, kami melakukan penelitian ini dengan tujuan mewujudkan aktualisasi demokrasi Pancasila di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia ini. Metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, dengan tujuan memperoleh jawaban yang berhubungan dengan tanggapan, pendapat, maupun presepsi orang-orang, oleh karena itu pembahasan yang dipaparkan wajib dilakukan secara kualitatif ataupun dengan menggunaikan uraian menggunakan kata-kata. 

Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa selain berfungsi sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang Dasar juga berfungsi sebagai kerangka sistem politik negara. Dengan adanya pandemi ini, kita bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Tak hanya negara, tetapi seluruh warga harus memaknai dan mengimplementasikan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum. Sehingga produk hukum yang dihasilkan di sana benar-benar mengkristalkan nilai-nilai Pancasila. Terutama dalam menghadapi pandemi. Karena negara yang memikul tanggung jawab penuh atas kesehatan dan keselamatan warga negara.

Kata Kunci: Demokrasi Pancasila; Pertumbuhan ekonomi; Asia Tenggara; Pascapandemi Covid-19

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun