Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Apoteker - Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mengenal "Yes Day", Jalan Tengah Menjadi Orangtua yang Berotoritas Sekaligus Menyenangkan

14 Juli 2021   10:54 Diperbarui: 15 Juli 2021   09:50 957
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar ilustrasi orangtua dan anak (Foto: Shutterstock via lifestyle.kompas.com)

Beberapa minggu lalu, saya menonton film Yes Day via Netflix. Film ini bagus dan sangat menginspirasi saya dalam hal parenting. Di sini saya tidak ingin mengulas film tersebut, namun lebih ingin berbagi cerita uniknya Yes Day ini.

Di awal film, terus terang saya tertawa karena apa yang terjadi pada Mrs Tores, yang kurang lebih sama dengan kondisi saya. 

Betapa pernikahan dan keluarga mampu membawa kita menaiki rollercoaster kehidupan yang rasanya deg-deg byur. Parenting adalah rollercoaster bagi semua orangtua.

Saya juga menjadi sadar betapa seringnya saya mengatakan "No" pada anak-anak saya. Ketika melarang ini dan itu, mencegah tidak boleh begini dan begitu, dan sederet alasan lain yang membuat saya mudah sekali mengatakan "No" kepada anak-anak.

Tak ada yang salah dengan mengatakan "No", membuat aturan yang tegas, melarang anak melakukan ini dan itu, dan seterusnya. Bukankah orangtua harus berotoritas terhadap anak selama mereka dalam pengasuhan kita?

Bagaimanapun anak-anak adalah titipan Allah yang harus kita respon dengan penuh tanggung jawab. Allah mempercayakan pengasuhan anak kepada kita, maka ada otoritas Allah yang diletakkan di pundak kita.

Orangtua yang Berotoritas = Otoriter?

Dalam film Yes Day, keluarga Torres mempunyai 3 anak. Anak perempuan yang paling besar bernama Katie, sudah beranjak remaja. 

Anak keduanya laki-laki bernama Nando. Nando sangat aktif dan penuh rasa penasaran terhadap apa saja, sedangkan anak bungsunya masih kecil.

Film Yes Day (Foto: netflix)
Film Yes Day (Foto: netflix)
Dengan rentang umur yang berbeda, tentu perlakuan dan permasalahan masing-masing anak berbeda. 

Sebagai remaja, Katie ingin bebas pergi bersama teman-temannya. Nando yang dipenuhi rasa penasaran akan banyak hal juga ingin membuat eksperimen ini dan itu dan susah diatur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun