Assalamualaikum......
Kali ini saya akan mencoba bebagi pengalaman tentang permasalahan dalam menstimulasi kecerdasan majemuk beberta solusinya. sebelumnya kita harus tau dulu kecerdasan majemuk. Â
Kecerdasan majemuk /multiple intellegence adalah  kemampuan seseorang, dalam memecahkan masalah dan juga menciptakan produk yang memiliki nilai budaya. Atau anak yang dapat menghasilkan sesuatu yang juga bisa dinikmati di dalam kehidupan manusia.Â
Berikut pengertian, permasalahan dalam menstimulasi kecerdasan majemuk dan solusinya
kecerdasan Linguistik-Verbal
Merupakan kemampuan dalam menggunakan kata dengan cara yang efektif, baik untuk memengaruhi ataupun untuk memanipulasi sesuatu.
Permasalahan :
- Anak selalu menjawab pertanyaan dengan bahasa tubuh atau ekspresi atau anak sama sekali tidak mau menjawab pertanyaan dan atau terlibat percakapan
solusinya adalah :
- Sering-sering diajak ngobrol secara personal
- Latihan pengucapan abjad dari a-z secara pelan-pelan
- Menirukan kata sederhana
- Melalkukan permainan pasir berbisik
- Bermain kartu huruf /kata lalu menyebutkanya
Kecerdasan matematis --logis
Adalah kecerdasan yang melibatkan keterampilan dalam mengolah angka, atau kemahirannya dalam menggunakan logika dan akal sehat
Permasalahan :
- Anak belum bisa mengenal angka ataupun berhitung
solusinya
- Memperkenalkan angka dengan benda konkrit atau gambar
- contoh : angka 5 dibawahnya ada gambar apel 5 buah atau ada apel 5 buah
- Menghitung bisa dengan jari, benda-benda atau gambar-gambar , bisa juga dengan gerak dan lagu,
- bisa juga dengan cerita
kecerdasan visual-spasial
Yaitu kecerdasan yang melibatkan kemampuan seseorang dalam memvisualisasikan gambar, di dalam kepalanya.
Permasalahan :
- ada salah satu anak yang apabila pada saat pembelajaran yang berkaitan dengan kegiatan menggambar/melukis selalu saja anak tersebut bilang tidak bisa padahal belum mencoba sama sekali.
Solusinya adalah :
- saya akan memastikan alat-alat tulis seperti pensil, buku gambar, krayon ada. Kalau tidak ada saya akan memfasilitasi tersebut.
- Saya akan memberikan contohnya terlebih dahulu
- Saya akan menuntun mereka step by step dalam menggambar atau melukis
- Saya akan menggambar gambar sederhana
- Saya akan memberikan motivasi selama pembelajaran
- Saya akan memberikan reward yang sesuai dengan hasil kegiatan pembelajaran mereka
Kecerdasan musikal
Yaitu yang melibatkan kemampuan seseorang dalam menyanyikan lagu, mengingat melodi musik, memunyai kepekaan akan irama, atau sekedar menikmati musik.
Permasalahan :
- Anak tidak bisa menyanyi,, tidak sesuai nada, tidak sesuai tempo
Solusinya adalah
- Tepuk tangan berpola
- Permaian tepuk tangan dan kata
- Bergumam bersama (tebak lagu)
- Menyanyi bersama-sama
- Menyanyi diiringi alat musik
kecerdasan kinestik
Adalah kecerdasan dari seluruh tubuh dan kecerdasan tangan.
Permasalahan :Â
- anak tidak mau mengikuti kegiatan senam, menari ataupun kegiatan fisik lainnya
solusinya
- menanyakan kepada anak tersebut kenapa tidak ikut senam? Dan ternyata karena malu dsb
- membujuk anak agar berangkat dulu pada hari jumat, tidak ikut senam tidak apa-apa (berhasil)
- mengajak Rafa melihat anak lainnya senam di dalam kelas
- mengajak Rafa gabung bersama anak lainnya dalam senam (tidak ikut senam)
- guru sebelum senam, mengajak anak untuk melalukan permainan fisik sederhana, misalanya gerakan jalan lambat sampai lari ditempat (rafa mulai terbawa suasana senang)
- guru mengajarkan gerakan senam step by step (rafa mulai mengikuti sedikit gerakan)
- guru menerangkan manfaat senam, dan tidak berbahaya
- guru memberikan reward
- bisa juga dengan permainan fisik yang sederhana atau gerak lagu sederhana , misalnya gerak lagu pohon jambu
kecerdasan interpersonal
Adalah yang melibatkan kemampuan dalam memahami diri sendiri, serta kecerdasan untuk mengetahui siapa dirinya yang sebenarnya, dan untuk mengetahui apa kekuatan dan kelemhan dalam dirinya.Â
Permasalahan :
- anak introvert adalah anak lebih banyak diam, jarang bicara. Anak jarang bersosialisasi .
solusinya adalah dengan cara
- dengan cara menggambar (memamahami diri sendiri)
- biasanya anak-anak introvert itu daya imajinasinya sangatlah tinggi sehingga menggambar adalah salah satu cara dalam mengekspresikan diri, mengungkapkan perasaannya melalui gambar , guru/ anak lain bisa menanyakan gambar yang dibuatnya sehingga terjalin komunikasi
- dengan cara membacakan buku cerita atau berikan buku cerita dan tanyakan perasaan tokoh dalam cerita tersebut (memahami perasaan orang lain).
- Anak  introvert juga biasanya mereka memiliki kecerdasan visual spasial yang baik didukung dengan imajinasi mereka yang tinggi maka anak akan dengan mudah memahami dan mengerti isi dari cerita tersebut, mereka juga dapat memahami perasaan orang lain dengan melihat eskpresi para tokoh dalam cerita
- libatkan anak dalam kerja kelompok dengan jumlah anggota sedikit
- anak-anak introvert akan merasa nyaman dalam kelompok yang sedikit karena tidak berisik dan bisa menjalin komunikasi yang sering dengan sedikit orang
kecerdasan naturalis
Adalah kecerdasan yang melibatkan kemampuan dalam mengenali bentuk alam di sekitarnya.Â
Permasalahan :
- anak tidak peduli dengan lingkungannya (menginjak-injak tanaman, membuang sampah sembarangan, dan menyakiti binatang (kepiting dikasih tali buat lomba lari)
solusinya adalah :
- untuk tanaman, kita ada puncak kegiatan tema yaitu menanam bawang, merawat menyiram, memupuk sampai panen kita juga bisa jalan-jalan di lingkungan sekitar
- untuk binatang kita bisa memelira hewan peliharaan misalnya ayam warna-warni , memberi makan
Terima kasih. mohon kritik dan saranya