Mohon tunggu...
Sultani
Sultani Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Senang menulis kreatif berbasis data

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Meraih Cuan yang Berkah dari Bisnis Hewan Kurban

11 Juni 2024   20:12 Diperbarui: 12 Juni 2024   20:15 537
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pedagang kambing sedang mempromosikan kualitas kambing untuk dijadikan hewan kurban (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Idul Adha adalah momentum yang membawa dampak pada dimensi ibadah dan dimensi muamalah sekaligus. Dimensi mualamah yang tersentuh langsung oleh momentum Idul Adha adalah aspek ekonomi masyarakat, khususnya bisnis hewan kurban

Bisnis hewan kurban menjelang Idul Adha memiliki beberapa fakta menarik dan relevan yang mencerminkan aspek ekonomi, sosial, dan budaya di berbagai negara, terutama di Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Aspek ekonomi dari bisnis hewan kurban yang relevan untuk diamati adalah peningkatan permintaan, kenaikan harga, pengaruh ekonomi lokal, dan inovasi dalam penjualan

Sementara aspek sosial dan budaya yang muncul dari bisnis hewan kurban adalah peran sosial dan keagamaan, penyembelihan terorganisir, dampak lingkungan, kampanye kesejahteraan hewan, hingga pengaturan pemerintah.

Fenomena Bisnis Hewan Kurban

Bisnis hewan kurban memang menjanjikan keuntungan yang pasti karena kebutuhan hewan kurban sudah menjadi bagian dari kewajiban umat Islam dalam Idul Adha. 

Sebagai negara dengan mayoritas Muslim, sudah pasti permintaan hewan kurban menjelang Idul Adha akan meningkat drastis. Di sinilah muncul peluang bisnis untuk menyediakan kebutuhan hewan kurban untuk jamaah yang hendak berkurban. Keuntungan dari bisnis ini pun lebih pasti, karena harga jual relatif stabil sehingga margin keuntungannya sudah bisa diprediksi.

Bisnis hewan kurban yang selalu mendatangkan cuan melimpah sudah menjadi fenomena umum bersamaan dengan datangnya lebaran haji. Prospek bisnis hewan kurban ini bergantung pada beberapa fakta yang bisa memengaruhi lancarnya bisnis jual beli hewan kurban selama ini. Fakta-fakta tersebut antara lain:

1. Peningkatan Permintaan

Sudah menjadi tradisi umat Islam di seluruh dunia, menjelang Idul Adha, kebutuhan hewan kurban seperti sapi, kambing, dan domba sangat besar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun