Mohon tunggu...
Greg Satria
Greg Satria Mohon Tunggu... Wiraswasta - FOOTBALL ENTHUSIAST

Learn Anything, Expect Nothing

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Tampil Fokus, Timnas Indonesia Atasi Filipina dan Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026!

11 Juni 2024   21:41 Diperbarui: 12 Juni 2024   04:35 1277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Skuad Timnas Indonesia jelang kickoff melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).(KOMPAS.com/Adil Nursalam)

Tanpa perlu bantuan tim lain! Kali ini Timnas Indonesia menentukan sendiri kelolosan ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, usai tampil fokus dan menekuk The Azkals Filipina 2-0! Bravo Timnas Garuda!

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB, gol dari Indonesia dicetak oleh Thom Haye menit 32' dan sundulan Rizky Ridho menit 56'.

Dengan hasil ini Indonesia tidak perlu menoleh lagi ke laga di Basra, antara tuan rumah Irak melawan Vietnam yang digelar seusai laga di SUGBK. Seperti kita ketahui, Irak sudah memastikan diri lolos ke putaran ketiga dengan kemenangan beruntun pada lima matchday, termasuk mengalahkan Indonesia 2-0, Kamis (6/6/2024) lalu. 

Irak memperoleh 15 poin (sebelum laga melawan Vietnam), sementara Indonesia usai kemenangan malam ini memperoleh 10 poin. Vietnam yang mempunyai 6 poin sebelum lawan Irak, sudah tidak mungkin lagi mengejar perolehan skuad asuhan Coach Shin Tae-yong (STY). 

Sejarah tercipta, dimana untuk pertama kalinya Indonesia mencapai putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia!

Menghadapi Filipina, Timnas Indonesia sangat percaya diri dan optimis untuk menentukan jalannya sendiri di perjalanan menuju Piala Dunia 2026 Amerika Utara. Beberapa kesalahan individual yang muncul di laga melawan Irak sudah dilupakan, ditunjang dengan hadirnya Calvin Verdonk yang jalani debut malam ini.

Kartu merah yang didapat Jordi Amat melawan Irak juga tidak menjadi masalah, karena Bang Jay Idzes kini tersedia sebagai pemain utama usai diparkir pada minggu lalu. Tidak ada alasan untuk gagal, Coach STY menyerukan tim asuhannya fokus di laga pamungkas ini.

"Setelah kita analisis, ingat ya tugas yang harus kita lakukan. Apalagi sebelum pertandingan harus fokus semua." kata Shin Tae-yong, dikutip dari Bola Sport via kompas.com pada sesi latihan sehari jelang laga.

Melawan Filipina, tidak banyak perubahan yang dilakukan Coach STY dibandingkan laga melawan Irak. Menggunakan formasi 3-4-3, Ernando Ari tetap diberi kepercayaan besar menjaga gawang Indonesia.

Di depan Nando, berdiri Rizky Ridho, Jay Idzes dan Justin Hubner sebagai trio pemain belakang. Empat pemain di tengah diisi oleh kapten Asnawi Magkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On serta debutan Calvin Verdonk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun