Mohon tunggu...
Ludiro Madu
Ludiro Madu Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Mengajar di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN 'Veteran' Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Hati-hati Mempertahankan Shin Tae-yong Demi Masa Depan Sepak Bola Indonesia

20 Januari 2022   03:34 Diperbarui: 22 Januari 2022   17:12 4474 47 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pemerintah dan masyarakat Indonesia perlu mengambil sikap hati-hati terhadap keputusan mempertahankan pelatih Shin Tae-Yong bagi tim nasional (timnas) Indonesia. Pada dasarnya pemerintah dan masyarakat merupakan konstituen utama dari timnas Garuda

Apalagi Presiden Joko Widodo meminta secara khusus pelatih Shin untuk  mempersiapkan timnas di Piala Dunia U-20 2023. Keputusan itu tentu saja melegakan dan mendapat dukungan sebagian besar konstituen domestik.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menjelaskan posisi pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong aman sesuai kontrak, yakni sampai 31 Desember 2023. Ada peluang bahwa kontrak itu bisa saja diperpanjang. 

Keputusan  mempertahankan pelatih Shin Tae-Yong sebagai pelatih skuad Garuda tentu saja perlu mendapatkan apresiasi. 

Sepanjang kepelatihannya untuk timnas sepakbola Indonesia, pelatih Shin telah mencatatkan banyak 'warisan' bagi sepakbola kita. Pelatih Shin telah membawa skuad Garuda ke Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Catatan terbaik terakhir adalah keberhasilan timnas menjadi juara kedua atau runner-up pada kompetisi AFF 2020 lalu. 

Walau capaian itu dianggap sebagap 'kutukan' bagi Indonesia, namun penampilan timnas di sepanjang kompetisi regional itu patut diacungi jempol.  

Selain itu, pelatih Shin juga telah menunjukkan kepiawaiannya dalam memberikan panggung internasional bagi banyak pemain muda Indonesia. 

Sebagian besar anggota timnas pada Piala AFF itu adalah pemain muda. Mereka diyakini bakal memainkan peran penting pada Piala AFF U-23 2022 dan Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. 

Para pemain muda itu adalah masa depan timnas Indonesia. Performa timnas banyak mendapatkan pujian karena diperkuat para pemain muda yang berusia rata-rata 23,8 tahun. Indonesia pun menjadi salah satu skuad termuda di kompetisi regional itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan