Mohon tunggu...
Abdul Azis
Abdul Azis Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Abdul Azis, adalah seorang penikmat seni, dari seni sastra, teater, hingga tarian daerah terkhusus kuda lumping. Berasal dari kota Kediri

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Jalan Dhoho, Nasi Pecel Tumpang, dan Kediri Lagi

25 September 2020   20:45 Diperbarui: 25 September 2020   21:26 1674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nasi pecel mungkin tak asing lagi di mata banyak orang jawa, khususnya Jawa Timur. Kuliner makanan berat satu ini sudah seperti makanan sehari-hari baginya. Pagi, siang, sore, malam makan nasi pecel gak ada bosennya deh.

Namun ada yang beda nih nasi pecel yang ada di Kediri. Huh, Kediri lagi Kediri lagi. Mungkin ada yang bosen ya dengan ulsan saya tentang Kediri? Tapi kali ini di jamin betah deh, dan pengen langsung ke Kediri.

Yups, kenapa saya terus - terusan mengulas tentang Kediri?. Ya tentu saja karena saya orang Kediri tulen, maka itu saya ingin menunjukan ke khalayak luas tentang Kediri. Yah hitung-hitung promosi. Hahahaha

Oke langsung saja ke topik bahasan. Tentang  nasi pecel ya tadi? Jadi lupa sendiri saya. Kebanyakan promosi sih. Hehehe

Sekali lagi saya ingatkan. Kota Kediri bukan hanya terkenal dengan industri rokoknya, bukan hanya objek tempat wisata, bukan hanya Sriaji Joyoboyo. Kediri juga terkenal begitu banyaknya jenis kuliner.

Selain gethuk pisang yang pernah saya tulis di Kompasiana ini. Kediri juga terkenal dengan nasi pecel yang berbeda dari kota-kota Jawa Timur lainnya. Apa itu? Nasi Pecel Sambal Tumpang jawabannya.

Nasi pecel sambal tumpang ini memiliki keunikan tersendiri. Yang biasanya nasi pecel dihidangkan bersanding dengan kulub, tahu/tempe, dan peyek. Nasi pecel di Kediri ini ada tambahannya dengan guyuran sambal tumpang. Karena itu bisa disebut makanan khas untuk Kediri.

Sedikit aneh sih ya dengan namanya. Pernah temen saya yang datang dari Jakarta, saya ajak makan nasi pecel tumpang itu malam-malam. Kalian tau jawabanya gimana?

"Wih mantap tuh, Udah lama gua gak kaya gitu"

Spontan saya kaget dan menyemburkan air yang mau saya minum. (Bukan ke muka dia ya)

Tidak ada penjelasan dari saya. Yang malah mengiyakan pertanyaan dia, langsung saja saya gonceng ke tempat favorit saya untuk makan nasi pecel malam hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun