Mohon tunggu...
KKN UMSidodadi
KKN UMSidodadi Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mahasiswa KKN MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang tahun 2022 di Desa Sidodadi, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Psikoedukasi Pengenalan dan Cara Pengelolaan Stres pada Individu Lanjut Usia Posyandu Bulak, Sidodadi, Malang

5 Desember 2022   12:00 Diperbarui: 5 Desember 2022   12:24 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MALANG, JAWA TIMUR - Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang MBKM Membangun Desa tahun 2022 berhasil merampungkan kegiatan Psikoedukasi Pengenalan dan Cara Pengelolaan Stress pada Individu Lanjut Usia Posyandu Bulak, Sidodadi (Jumat, 7/10/2022). Psikoedukasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa sehat tidak hanya terdefinisikan sebagai kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan mental. Seperti definisi sehat menurut World Health Organization (WHO) bahwa sehat merupakan keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental, maupun sosial, tidak hanya terbebas dari kelemahan atau cacat.

Psikoedukasi yang mengangkat topik “Stres” dilatarbelakangi oleh beberapa urgensi yang ada, dimana stres merupakan salah satu penyakit mental yang sering dijumpai dan terjadi di segala rentang usia. Pada individu lanjut usia, stres merupakan suatu hal yang memerlukan pengenalan secara dini dan harus segera diatasi. Hal ini disebabkan karena individu lanjut usia yang rentan untuk terserang penyakit degeneratif, apabila bersandingan dengan keadaan mental yang kurang baik atau mengalami stres maka akan dapat memperparah penyakit yang dimilikinya.

Para peserta diajak untuk mengenali diri lebih dalam mengenai hal-hal yang dirasakannya terutama terkait stres, memperkirakan penyebab stres yang sering dialami, gejala stres apa saja yang telah dialami, serta bagaimana cara individu tersebut dalam mengelola stresnya.

Dokpri
Dokpri

Menariknya, para peserta sangat antusias selama rangkaian kegiatan berlangsung. Bahkan, para kader kesehatan juga turut antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini. Psikoedukasi dikemas dengan menggunakan diskusi interaktif dimana antusiasme peserta terlihat dari jawaban aktif yang diberikan ketika adanya suatu pertanyaan pemantik oleh pemateri. Selain itu, tak segan juga bagi para peserta untuk sharing mengenai hal-hal yang dirasakannya terutama mengenai stres yang dialami.

Psikoedukasi ini ditanggungjawabi oleh Nada Syifa Sasya Salsabilla serta didukung oleh Adena Akhmal Nur Rafli, Anisa Noor Cahyani, Dhea Risma Pramestasari, Fathandiaz Emirsya Nurwanto, Muhammad Fadhil, Niara Urvira Muliyati, dan Trisna Aulia Nur Rakhmah. Psikoedukasi ini merupakan salah satu kegiatan yang di rancang sebagai bentuk program pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan secara utuh baik secara fisik maupun secara mental.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun