Mohon tunggu...
Kang Marakara
Kang Marakara Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengangguran Terselubung

Belajar dan mengamalkan.hinalah aku,bila itu membuatmu bahagia.aku tidak hidup dari puja-pujimu

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Pang Ranting Pang Kering

19 Februari 2023   17:16 Diperbarui: 19 Februari 2023   17:50 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada suatu hari yang tak lama lagi, akan datang kepadamu orang-orang bertubuh bersih berpakaian rapi. mereka berbicara dengan bahasa yang indah dan gampang di mengerti, menyodorkan aneka janji yang seakan terwujud dengan mempersilahkan mereka mengambil sedikit kepercayaan yang engkau miliki. indah, manis, kata-kata itu menerbangkan mimpi.

Tidak lama lagi, mereka akan menyebut nama-namamu sebagai pihak yang harus dibela, diperhatikan, dimakmurkan, dimanusiakan. Semua tindakan yang mereka lakukan, segala upaya yang sedang mereka usahakan, segala biaya yang katanya ikhlas mereka keluarkan, tujuanya hanya satu. Demi engkau wong cilik, demi engkau yang tetiba menjadi jelatah yang di anggap penting.

Ketika saat itu tiba, ketika janji dan slogan dipajang di depan rumah, berpegang teguhlah dengan segumpal hati di dalam istana dada. Kejernian hati dan rasionalitas isi kepala.

Jngan mudah terpedaya, jangan gampang menyerahkan rasa percaya, jangan obral suara anda demi beberapa lembar nominal, sebungkus sembako, atau janji manis yang bila dicernah sedikit akan kelihatan sangat tidak realitis.

Mari menjadi tuan di hati sendiri

mari menjadi pemilih cerdas dengan kalkulasi jernih

Jangan gadaikan kepercayaan dengan bualan janji.

Tidak semua yang manis cocok dan bermanfaat bagi diri.

#####

Bagnbatu, februari 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun