Mohon tunggu...
Junirullah
Junirullah Mohon Tunggu... Penulis - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

- Nama lengkap Junirullah - Nama panggilan Jun - Profesi IT dan Seniman - Peserta Workshop Dapodik 2013 Medan - Angkatan II PPWS Online 2014 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kisah Historia Cinta Raja Aceh dan Ratu Bugis

27 Juli 2021   20:57 Diperbarui: 27 Juli 2021   20:59 1283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kapal Pinisi Berasal Dari Daerah Sulawesi Selatan Bulukumba Keturunan Ratu Bugis Keluarga Si Pembuat Kapal Pinisi. Kompasiana. Foto by. Pinisi Nenong

KISAH HISTORIA CINTA RAJA ACEH DAN RATU BUGIS DALAM ANTOLOGI LOGIKA DAN METAFISIKA

Hari yang gelap diselimuti kabut disebuah tempat yang penuh dengan problematika kehidupan hiduplah seorang raja aceh pada masa abab moderen zaman sekarang ini, kesederhanaan sang raja dalam keturunan silsilah-silsilah raja di raja tak bertuan 

dan raja adalah tuan bagi panggilan dirinya yang turun temurun di silsilahkan kembali kepada anak-anak keturunan mereka agar amanah dapat terus diemban oleh regenerasi ke regenerasi raja di raja tak bertuan dimasa yang akan datang.

Raja aceh ini adalah salah satu sosok pemuda yang baik berbudi pekerti luhur dan bersahaja dalam lingkungan keluarga besarnya, dia lebih dikenal sebagai sosok raja yang murah hati, ramah, sopan, santun, beradab, dan beretika baik. 

Sang raja adalah salah satu pewaris tahta yang dimilikinya dalam sebuah keturunan raja di raja, adik laki-lakinya juga menjadi calon raja, yang kesemuanya itu diwariskan kepada anak-anak mereka bagi laki-laki menjadi raja,

dan apabila lahir anak-anak perempuan maka keturunan mereka berakhir pada turunan silsilah raja di raja itu sendiri dan keturunan yang lahir dari perempuan hasil pernikahan dengan orang-orang terhormat selanjutnya tidak disebut lagi raja sebab dominannya dari turunan perempuan.

Banyak  Bukti Prasasti Aceh Pada Masa Kecilku 1990-an Dikumpulkan Lalu Di Bawa Entah Kemana. Foto.Dok.05/05/2020 by. Junirullah
Banyak  Bukti Prasasti Aceh Pada Masa Kecilku 1990-an Dikumpulkan Lalu Di Bawa Entah Kemana. Foto.Dok.05/05/2020 by. Junirullah

Tahta dan kekuasaan raja di raja mutlak tak bertuan karena raja adalah tuan bagi dirinya dan untuk rakyatnya, hal ini mencerminkan bahwa raja adalah sosok pribadi yang dihormati, dicintai, dan dituankan oleh rakyatnya. 

Sama halnya dengan pemuda yang berasal dari aceh ini merupakan salah seorang raja yang sudah pernah menikah dengan salah seorang perempuan asal aceh dan perempuan yang dinikahinya itu juga berasal dari keturunan sesama raja dengan strata deputi raja, 

dan tak lama kemudian dua tahun pernikahan mereka medapatkan buah hati bagi keturunan anak-anak mereka yang memiliki darah mengalir dalam silsilah keturunan raja di raja tak bertuan. 

Namun sangat disayangkan bahtera mahligai rumah tangga mereka yang dinahkodai sang raja tersebut karam dalam ombak, dan badai yang menerjang kapal layar mereka disebabkan oleh,

kesalahan pemahaman perselisihan dalam kumpulan anak-anak dan istri deputi raja pada tempat tinggal mereka yaitu tempat perempuan anak deputi raja yang dinikahinya.

Pada masa-masa itu aceh terus berkecamuk dengan peperangan yang terjadi disemua wilayah aceh, hingga pada masa itu peperangan di aceh terhenti akibat bencana alam Tsunami yang melanda di bumi aceh, 

tidak hanya itu korban nyawa yang berjatuhan dan bergelimpangan disemua tempat baik itu korban konflik maupun korban bencana tsunami mencapai jutaan orang dan itu merupakan ujian yang amat sangat berat bagi rakyat aceh,

dalam merelakan dan mengikhlaskan murka dan marahNya Tuhan yang tak sanggup lagi melihat keadaan yang berlarut-larut dalam konflik kemanusiaan. 

Hal ini telah menjadikan aceh kembali dalam cinta damai. Sosok raja pada masa-masa peristiwa itu merupakan sosok raja yang dilindungi dan dicintai oleh rakyatnya, dalam hal ini raja hanya sosok berdiam dan bersahaja dengan rakyatnya sebagai seorang raja yang dihormati,

dan memberi spiritual bagi rakyatnya untuk terus mengabdikan diri pada perjuangan mati syahid yang terus membela bangsa aceh dari doktrin penjajah yang tidak berkeadilan dan berprikemanusiaan, 

maka dalam hal ini raja adalah tuan bagi rakyatnya dan amat sangat pengaruh perannya bagi bangkitnya semangat jiwa perjuangan bangsa aceh dalam memberikan spiritual bagi rakyatnya.

Berpuluh-puluhan tahun bahkan berabab-abab perjuangan raja dalam membela rakyatnya sangat dicintai, dihormati, dan dilindungi oleh rakyatnya hingga turun temurun dari keturunan-keturunan Raja Sultan Iskandar Muda sampai anak-anak cicit-cicit turunannya raja,

yang mewariskan darah silsilah raja di raja tersebut terus memperjuangkan hak rakyat dan menumpas yang bhatil yaitu menumpas kezaliman-kezaliman penjajah yang telah dilakukan kepada rakyatnya,

dan juga dirasakan oleh raja sampai akhir perjuangan tetes darah penghabisan mati syahid dengan janji dalam spiritual kekuatan rakyat yang telah ikrar melindungi antar sesama mereka bangsa aceh serta raja mereka. 


Dan salah satu pemuda yang berdiam dan bersahaja dicintai dan dihormati oleh rakyatnya itu adalah keturunan raja di raja kesultanan.

Kisah haru dan penuh dengan kisah ini tak luput dilewati oleh sang raja, selama sepuluh tahun menikah dan empat tahun berpisah dengan mantan istri pertama, sang raja banyak menghabiskan waktu dalam kesendirian mencari kesibukan dengan tujuan beribadah,

dan raja terus berupaya mencari jalan yang terbaik dari semua kisah yang dialaminya baik susah maupun senang untuk menjadikannya tegar, sabar, kuat dan bertahan dalam keadaan apapun dan dimanapun raja berada. 

Di pertengahan tahun ke empat sang raja terus berkelana dan mencari jejak kaki untuk membangkitkan spiritual diri yang lebih mendalam penuh dengan cinta. 

Tak lama kemudian sang raja mengenal salah satu sosok wanita keturunan raja bugis yang jauh melewati bujur khatulistiwa wilayah aceh, 

Baju Bodo Pakaian Adat Suku Bugis-Makassar Prov.Sulawesi Selatan. Foto by. Hamliana,. S.E
Baju Bodo Pakaian Adat Suku Bugis-Makassar Prov.Sulawesi Selatan. Foto by. Hamliana,. S.E

raja melihat dan mengamatinya terus menerus yang zaman sekarang ini sudah mudah dan cepat dalam menjalin komunikasi berbeda dengan zaman siti nurbaya dulu,

masih sistem dijodohkan jadi jodoh yang dicalonkan itu tidak jauh-jauh hanya yang kenal dekat dilingkungan masyarakat yang berparadigma hingga sekarang masih ada walau hanya beberapa wilayah tempatan yang mengtabukan hal itu.

Raja mengenal seorang ratu yaitu wanita keturunan dari raja bugis ini melalui media sosial yang hadir era zaman modernisasi sekarang ini, 

dan menurutnya itu, wanita ini pintar, cerdas, jenius, cantik, baik, berbudi pekerti luhur, beradab, taat beribadah, sholeha, kaum turunan raja bugis berada dan terpandang sebagai anak raja bugis di tanah sulawesi yang juga dihormati dan dicintai oleh rakyatnya. 

Raja terus menjalin hubungan komunikasi dan keakraban dengan sang ratu bugis hingga terjalin komunikasi yang tak lama sebulan kemudian mereka mengungkapkan rasa dan cinta antara sesama mereka, 

sehingga raja aceh dan ratu bugis saling cinta dan mencintai antara sesama mereka dengan berbagai komunikasi yang intens sehingga chatting dalam percakapan saling mengerti dan memahami membuat mereka berdua jatuh cinta dan memiliki rasa berkarakter sama,

istilah "aku adalah kamu dan kamu adalah aku" perpaduan yang menggetarkan dunia ini menjadi inspirasi cinta anak zaman masa kini yang berlanjut pada pernikahan. Nah bagaimana kelanjutan kisah cerita mereka..? yUk kita baca lanjutannya..;

Hari terus berjalan seiring dengan waktu mereka lalui dengan do'a dan memohon kepada Tuhan agar mereka berdua dipertemukan ditempat layaknya mereka bersama dalam mahligai cinta dua insan yang berketurunan raja dan ratu yang berbeda suku dan bahasa namun tetap dalam satu cinta. 

Hari-hari yang mereka lalui memiliki kesamaan dan perbedaan antara satu dengan sama lainnya, perjalanan yang ditempuh sebelum mereka dipertemukan sangat mengharukan dan penuh dengan ujian problematika kehidupan yang harus mereka pikul dengan berbagai macam masalah dalam keluarga, baik dalam rumah tangga maupun dengan lingkungan sosial. 

Namun walau bagaimanapun problematika kehidupan yang mereka rasakan dengan getir kepahitan hidup yang dialami itu membuat mereka semakin kuat menjadi sosok yang tegar dan sabar dalam memperbaiki diri, 

hal ini dibuktikan dengan sungguh-sungguh diantara mereka berdua yang saling memahami dan mengerti tentang keegoandiri mereka yang saling melengkapi bahwa karakter, sikap, tingkahlaku, yang meraja dalam mentalitas mereka membuat keduanya semakin merindu dalam cinta, berdua mereka melaluinya dengan penuh ikhlas dan bersyukur.

Apa yang mereka benahi untuk memperbaiki diri dalam kisah percintaan mereka?, 

dalam hubungan percintaan mereka yang penuh dengan keindahan itu, tak hanya sebatas kisah cinta saja yang mereka lalui dalam kesadaran merefleksikan arti cinta, 

namun dibalik itu sikap mental dan tindakan untuk tetap terus menjalani hidup mereka abadikan dalam sebuah buku yang mengisahkan antologi kehidupan dalam sajak puisi yang karyanya penuh dengan makna dan arti dalam hidup sebagai manusia makhluk yang bersosial antar sesamanya, 

Buku Antologi Sajak & Puisi Bebas. Sebuah Kitab Rindu Tak Habis Diterjemahkan Berada Pada RimbaNya. Karya. Hamliana,. S.E
Buku Antologi Sajak & Puisi Bebas. Sebuah Kitab Rindu Tak Habis Diterjemahkan Berada Pada RimbaNya. Karya. Hamliana,. S.E

dengan kisah-kisah yang beragam dan penuh pesona, haru, menghiba, dan merintih menahan rasa sakit yang harus mereka lalui setiap saat dalam masa-masa yang penuh dengan berbagai macam peristiwa,

dan kejadian yang tak mampu lagi mereka utarakan dengan berbicara lisan, sehingga ungkapan itu dituangkan dalam karya sastra bertajuk tentang tema Kehidupan, Cinta dan Tuhan.

Kehidupan yang harus mereka jalani adalah kehidupan yang penuh dengan tekanan hidup baik didekat mereka maupun disekeliling lingkungan keberadaan tempat mereka tinggal, banyak hal yang mereka alami dalam hidup puluhan tahun itu, 

seperti di hina, dicaci, dan juga dimaki, bahkan sampai berujung pada kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT yang terkadang mereka hadapi dengan cukup sabar dan terus mencari solusi dengan mengharapkan do'a kepada Tuhan,

agar masalah-masalah yang mereka hadapi dapat selesai dengan baik-baik tanpa ada rasa yang dikorbankan, walau mereka terkadang juga telah menjadi korban dalam kehidupan rumah tangga pada masa-masa sebelum mereka bercinta.

tangisan air mata darah yang telah merobek-robek hak asasi mereka itu juga bahagian rasa tangisan luka terdalam yang telah merobek-robek atas hak-hak hidup mereka sebagai manusia,

hal ini terkadang mereka juga jadikan sebagai pelajaran dan pengalaman getir pahit untuk tetap menempuh hidup yang selama puluhan tahun mereka pendam tanpa berkeluh kesah, dan coba bayangkan, apa yang terjadi bila anda memendamnya problematika sendiri?!. 

Melihat dan merasakan adanya kesamaan kisah yang telah terjadi pada mereka berdua di masa-masa sulit dan kritis sehingga menjadikan mereka terus berbenah dan terus memperbaiki diri dengan kesempurnaan arah tujuan semata-mata hanya diniatkan sebagai ibadah,

yang penuh dengan rasa syukur kepada Tuhan dengan jalinan kasih sayang, do'a, motivasi, dan daya upaya dengan membuka diri dengan kejujuran diantara mereka berdua yang saling asah, asih, asuh dalam mendiskusikan, 

memahami, mengerti, kepribadian mereka berdua agar dapat terus hidup bahagia yang mereka tata dan rapikan kembali dalam pernikahan membuka lembaran baru dengan kasih sayang abdidiri pada ibadah abadi sepanjang masa.

Kisah cinta dalam kasih sayang cerita juga mereka ungkapkan dalam kisah antologi sajak puisi dan juga kisah cerita diksi dalam metafisika yaitu sebuah cerita nyata dari alam bawah sadar mereka, yang mereka berdua ungkapkan dengan saling bercerita dan berbagi kasih sayang..; 

Bertamasya Di Taman Kendari Beach Prov. Sulawesi Tenggara Setelah Masa Pernikahan. Foto by. Hamliana,.S.E
Bertamasya Di Taman Kendari Beach Prov. Sulawesi Tenggara Setelah Masa Pernikahan. Foto by. Hamliana,.S.E

sehingga tercipta kisah penuh dengan imaji yang bermain tanpa logik dengan ikatan empati dan enpiris seperti kisah cerita yang juga mereka akui itu kenyataan dalam metafisika pada masa lampau sebelum mereka lahir,

seakan mereka sudah pernah saling mengenal akrab dan tak asing lagi didepan indera mata rasa ruhaniah mereka karena rasa yang mengalir dalam diri hati dan pikiran menyatu padu pada dimensi waktu suatu ketika, sampailah mereka dimana disebuah tempat..;

==========

Pertemuan Cinta Khayangan

Part 1

Disebuah negeri khayangan yang masih kosong dan gersang yang tidak berpenghuni dan juga tak memiliki kehidupan, 

sekejab Kunfayakun dihidupkanNya kembali berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang penuh dengan warna warni dan sumber mata air yang mengalir dari pusatNya Maha Menciptakan seketika jadi maka jadilah. 

Seperti yang tersirat dalam kitab suci Al-Qur'an banyak menjelaskan tentang negeri Akhirat (kehidupan setelah mati) untuk orang yang selalu berbuat baik. 

Surga itu sendiri sering dijelaskan dalam berbagai surah di Al-Qur'an, sebagai tempat keabadian berupa jannah (taman yang indah/kebun) yang terdapat sungai-sungai mengalir di bawahnya:

"Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah seperti taman mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. (QS.Ar-Ra'd 13:35)""Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan dari Rabb mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air mendidih sehingga ususnya terpotong-potong ? (QS.Muhammad 47:15)""Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa. (QS.Al-Qasas: 83)"

Tingkatan Surga

Setiap muslim percaya bahwa semua manusia dilahirkan suci. Surga tertinggi tingkatnya adalah Firdaus ()---Pardis (), di mana para nabi dan rasul, syuhada dan orang-orang saleh.

Tingkatan dan nama-nama surga ialah:

  • Jannatul Firdaus yaitu surga yang terbuat dari emas merah.
  • Jannatul 'Adn yaitu surga yang terbuat dari intan putih.
  • Jannatun Na'iim yaitu surga yang terbuat dari perak putih.
  • Jannatul Khuldi yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning.
  • Jannatul Ma'wa yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau.
  • Darul Jalal yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.
  • Darul Qarar yaitu surga yang terbuat dari emas merah.
  • Darussalam, yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah.

"Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (QS.Yunus: 25)"

Beberapa surah dalam al-Qur'an yang menjelaskan tentang keadaan surga adalah sebagai berikut:

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir). (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera lagi aman, dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya. (QS.Al-Hijr:45-48)""Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera. (QS.Al-Hajj 23)""Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan. Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Kepada mereka dikatakan): "Salam", sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang. (QS.Yasin 55---58)""Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, demikianlah, dan Kami berikan kepada mereka bidadari. Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran). (QS.Ad- Dukhaan: 51-55)"

Bahwa tidak semua manusia dapat masuk ke surga melainkan hanya orang-orang pilihan dengan berbagai kriteria tertentu yang Allah kehendaki:

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS.Al-Baqarah: 214)""Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum terbukti bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar. (QS.Al-Imran: 142)""Apakah umat manusia mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak dibuktikan? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tentang orang-orang yang terbukti dan sesungguhnya Dia Maha Mengetahui tentang orang-orang yang berbohong. (QS.Al-Ankabut: 2-3)""Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah? (QS.An-Nisa 4: 122)

Pertemuan cinta di alam khayangan adalah sebuah harapan dan impian semua insan manusia dalam menempuh keabadian yang tak berbatasnya seperti taman-taman yang indah dengan hamparan bunga disisinya keindahan suara riak aliran air mengalir, 

ketika itu sang bidadari berdo'a dihadapan malaikat pembawa wahyu Tuhan pada hamparan luasnya taman-taman surga dengan lembut dia memegang bunga sambil berkata dan menangis terisak desah "dimana tangkai bungaku ini Tuhan" 

sang malaikat pewahyupun tiba-tiba melesat cepat diatas kecepatan kilat sekejab menghilang hingga sejenak terdiam bidadari terkejut termangu melihat dimana-mana sambil mondar mandir penuh rasa gundah, resah, 

dan gelisah berputar-putar dalam taman surga, kemudian langkahpun terhenti sejenak, sang bidadari dalam kegundahannya, 

bidadari sayap patah itu menatap ke utara melihat sosok lelaki yang hadir menuju ke arahnya dan sekejab pula  dimensi lubang waktu itupun tertutup rapat kembali dengan keindahan cinta abadi bahwa mereka telah duluan dipertemukan di dalam surga dan itu kesadaran hakiki.

==========

Pertemuan Raja Naga dan Anak Raja Muda Aceh

Part 2

Pertemuan Raja Naga Dengan Anak Raja Muda Aceh pada masa silam yang banyak mengisahkan tentang perjalanan raja muda aceh bahwa dalam mimpinya..; 

Studio Photo & Wedding Dengan Editing Latar Background Naga Waktu di Provinsi Aceh. Foto by. Junirullah
Studio Photo & Wedding Dengan Editing Latar Background Naga Waktu di Provinsi Aceh. Foto by. Junirullah

Raja Naga telah berikrar didepan seluruh makhluk hidup (didaratan alam rimba dan disammudera lautan) dibawah kekuasaannya Raja Naga,

bahwa menjanjikan Putri Ratu Naga untuk dinikahkan dengan raja muda aceh yang pada masa itu masih berumur 15 tahun,

dan anak raja muda aceh pada waktu itu sedang sakit demam yang menurut orang tua zaman dulu, ketika seorang anak sedang demam berarti anak tersebut sedang mengalami pertumbuhan pada masa-masanya, 

jadi orang tua zaman dulu hanya oleskan minyak Minyeuk Simplah (minyak kelapa tua) untuk meredam panas yang diderita oleh anak raja muda aceh. 

Selanjutnya pada masa-masa kecilnya anak raja muda aceh itu tidak tahu apa-apa tentang makna dan arti dari mimpinya itu dan hanya mampu mengingat tentang mimpi-mimpinya dalam sebuah tempat diwaktu dan dimensi lain pula, 

anak raja muda aceh ini melihat sebuah tempat yang indah yang luas dan sangat banyak bawahan-bawahan dan pengikut-pengikut raja naga dalam menyaksikan raja muda aceh,

yang diikrarkan dan telah dijanjikan oleh sang raja naga bahwa putri ratu anak dari raja naga mau dinikahkan dengan raja muda aceh jika sudah sampai waktunya. 

Tiba-tiba anak raja muda aceh ini terkejut dan terbangun sembari berkata mimpiku itu  betul ya...?!

Sebelum kejadian peristiwa mimpi ini dialami oleh anak raja muda aceh ini, kehidupan yang dia jalani banyak getiran dan tekanan hidup pada masa-masa kecilnya, 

perjalanan kisah brokenhome menjadikan anak raja muda aceh ini terus menjalani kisah hidup pada masa-masa kecilnya, 


masa kecil yang tumbuh berkembang dalam lingkungan yang ekstrim dan penuh tantangan hidup terus dijalaninya tanpa rasa takut dan merasakan tak gentar hidup diwilayah anak-anak disabilitas,


yang juga memiliki cacat mentalitas sikap, tingkah laku, akhlak, moral, adab dan penuh dengan problematika dalam hidup mereka, 

menurut anak raja muda ini bahwa aceh juga termasuk salah satu wilayah yang penuh dengan brokenhome dalam masa-masa konflik karena anak-anak yang tertindas mentalitas mereka hanya mampu turun kejalan menjadi komunitas anak-anak UNDERGROUND 


pada masa-masa peristiwa tersebut yakni konflik melanda aceh dalam pertumpahan darah persaudaraan antar sesama, pembunuhan, penculikan, bahkan pada penembakan misterius yang telah banyak merenggut nyawa hingga tak berpusara, 


termasuk anak-anak UNDERGROUND pada masa itu ada yang ditembak mati karena dianggap mengganggu stabilitas keamanan dalam keramaian masyarakat, 

padahal kalau kita telusuri dan meneliti ulang melihat latarbelakang mereka dengan mengedepankan hak asasi manusia, mengapa anak-anak di aceh sebahagian kalangan bahkan banyak pada umumnya mengalami keterpurukan dalam kehidupan mereka?, 


dari hal-hal yang sudah tepatri dalam hati yang luka, mereka sebenarnya meluapkan emosional yang terpendam dalam berbagai rangkaian problematika kehidupan yang menekan mereka dan menjadikan sikap mentalitas mereka untuk keluar dari masalah,

dan ingin membebaskan diri dari ketidakadilan yang berkepanjangan terjadi di aceh dari penjabaran kisah-kisah historia 1903 sampai dengan sekarang 2020 yang memiliki banyak kontekstual,


dan berbagai macam problematika terbawa kedalam sikap dan mentalitas mereka dan menjadikan mereka ingin hidup merdeka bebas dari penjajah internal (dari dalam negeri) dan penjajah eksternal (dari dalam negeri), 


jadi kebebasan itu adalah mutlak hak semua bangsa dalam bernegara. Akhirnya semua di ridhai Allah,SWT dalam kebaikan menuju hakikat diri.

1-11-2021. Penulis. Junirullah


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun