Mohon tunggu...
Indria Salim
Indria Salim Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Freelance Writer, Praktisi PR di berbagai organisasi internasional (1990-2011) Twitter: @IndriaSalim IG: @myworkingphotos fb @indriasalim

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Puisi | Monolog Satoe dan Doea

8 Oktober 2018   16:49 Diperbarui: 8 Oktober 2018   18:58 553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Head to Head, Face to Face |pixabay.com

Sosok Satoe

*Sepasang mata menatap tajam, tangannya memberi tekanan keteguhan hatinya*
Siapa yang menzalimi, siapa yang dizalimi? Siapa yang menebar benci, dan mengapa menudingku otoriter? Ini berbilang waktu, bertalu-talu meracau membuat lelah. Aku bukan PKI, pun ayah dan ibuku, juga kakek buyutku. 

Siapa yang anti ulama dan pemimpin agama? Siapa yang korupsi? Siapa pula yang menghamba pada asing, aseng? Bangsa ini hidup berkeyakinan dalam kekhusyukan hikmat dan hormat pada Sang Maha Pencipta. Kaum kafir mereka sematkan pada liyan, asal-asalan saja. Kulihat bangsa yang besar, mampu berjaya bila berpikir besar dan benar.

Sosok Doea

*Tangan mengepal terangkat di udara. Mengangkasa. Menggelegar suaranya mengaum gagahnya singa*
Saya punya laskar sedunia. Saya patriot bangsa. Saya melihat ada kapal besar namun bocor, dan itu mengancam laju majunya negara yang suram. Negara tanpa saya akan karam dan hilang dari semesta. 

Jangan tebar benci, kecuali itu versi kami untuk menghentikan lawan yang bodoh, tidak becus, namun percaya diri memimpin negeri. Aku penuh belas kasih, maka aku mudah memercayai sahabat, termasuk kepada sosok terhormat nan memesona dan cantik. Kebohongan padaku, itu karena kemuliaan hatiku. Rasa kemanusiaanku, itu kelemahanku. Seorang singa yang hebat, bisa takluk dengan betina bila itu bisikan sesat siluman, bukan?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun