Mohon tunggu...
Ibrahim Quraisy
Ibrahim Quraisy Mohon Tunggu...

Seorang Food Blogger di Foodform-Indonesia yang mencintai makanan lokal Twitter: @bimbaim

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengenal Chia Seed Biji 100 Manfaat dari Mexico

2 Februari 2016   13:31 Diperbarui: 2 Februari 2016   14:10 282 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Chia Seed by Cyndi O'Meara"][/caption]Di era modern semua wanita menginginkan tubuh yang ideal. Makan dengan lahap tanpa memikirkan. Ada berbagai macam cara diet yang sering diterapkan oleh kita namun tidak semua bisa diterima oleh tubuh. Diet mayo atau menerapkan jendela makanan ala OCD sering juga kita lakukan.

Mengkomsumsi atau memasukkan Chia Seed dalam metode diet justru akan menambah keefektifan diet anda saat ini. Chia Seed berasal dari tumbuhan Salvia Hispanica yang berasal dari Mexico ukurannya kecil dan berwarna hitam mirip dengan selasih. Chia seed sudah terkenal sebagai biji yang bermanfaat dari era suku Aztecs. Biji yang sering kali dicampur air putih ini berfungsi untuk menunda lapar bahkan membuat cepat untuk merasakan kenyang.

Sebagai seorang Food Blogger sering kali harus dihadapkan dengan makanan yang banyak dalam sehari. Makan dengan tidak teratur sudah menjadi langganan setiap hari. Solusi yang sangat mudah adalah mencampurkan beberapa biji Chia seed kedalam jus buah sudah cukup membuat kenyang.

Di Indonesia Chia Seed terkenal hanya di beberapa komunitas vegan (vegetrian). Harga yang mahal membuat Chia Seed tidak terlalu populer apalagi sedikitnya informasi dan pengetahuan cara mendapatkan atau mengkomsumsi Chia seed membuat konsumen terkadang tidak terlalu menginginkan biji ini.

Kata Chia sendiri berasal dari bahasa Nahuati (bahasa Aztec) yang artinya berminyak. Pohonya sendiri tumbuh setinggi 1,75 meter dengan lebar daun 4-8 cm.  Tanaman ini masih berkeluarga dengan Mint. Berkembang biak di sekitaran Mexico dan Guatemala. Harga Chia seed pun masih tergolong mahal hingga mencapai 100 ribu per 100 gram. Tapi itu tertutupi dengan hanya memerlukan satu sendok teh saja untuk satu gelas air dan tidak perlu dikomsumsi tiap hari.

Kandungan Chia seed terdiri dari 20% lebih banyak Omega 3 di ikan salmon, karbohidrat, protein, fiber dan anti-oksidan. Bahkan kandungan kalisium mencapai 17%/oz yang mana sangat bermanfaat bagi tubuh. Cara mengkomsumsinya pun sangat mudah. Chia seed dapat dicampurkan dalam minuman seperti air putih atau jus bahkan susu atau yogurt untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Walaupun berbentuk biji. chia seed sangat mudah dicerna dan tidak mengakibatkan susah buang air besar. Chia seed tidak memiliki rasa sehingga sangat aman untuk dikomsumsi.

ilustrasi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x