Mohon tunggu...
Nashir Moehammad
Nashir Moehammad Mohon Tunggu... -

Aceh, Lecturer, Tutor, MC, Former Tourism Ambassador, @iamnashir

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Menjadi Pengguna Medsos yang Produktif

29 Januari 2018   13:36 Diperbarui: 29 Januari 2018   13:38 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Salah satu media online yang banyak digunakan saat mengakses internet dewasa ini adalah media sosial. Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Wikipedia, media sosial (medsos) adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi. Medsos mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka serta membagi informasi dalam waktu yang cepat.

Menurut Kaplan dan Haenlein (2010:60), medsos memiliki beberapa manfaat diantaranya membangun jaringan, mempererat silaturahmi, menambah teman, hingga memperkaya informasi. Medsos memungkinkan setiap orang bisa membuat halaman web pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Tidak hanya itu, dengan adanya medsos ini juga membuat para penggunanya lebih mudah dalam melakukan promosi. Beberapa medsos yang banyak digunakan di dunia antara lain Facebook, Twitter, Instagram, Plurk, Path, BBM, Line, WhatsApp, WeChat, dan Ask.fm.

Kehadiran medsos ini harus benar-benar bisa dimanfaatkan secara bijak dan positif agar kita bisa menjadi pengguna yang produktif. Sepertinya sangat rugi jika medsos hanya digunakan untuk menjalin silaturahmi semata atau sekedar berbagi "status" dan personal message saja. Paling tidak, ada dua hal sederhana yang bisa dilakukan agar menjadi pengguna medsos yang produktif. 

Pertama, kita bisa memanfaatkan medsos ini untuk giat melakukan promosi barang ataupun jasa, baik melalui Facebook, Instagram, Line, ataupun BBM. Kita bisa memaksimalkan promosi usaha secara cuma-cuma ke orang-orang yang terhubung di akun medsos kita. Kalau belum memiliki usaha sendiri bisa dengan membantu promosi usaha orang lain, tentunya dengan perjanjian kita akan mendapatkan bagian dari laba penjualan tersebut atau bentuk kerja sama lainnya. Selain itu, berbicara produktif juga tidak harus selalu berkaitan dengan materi. 

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan sering memposting kalimat atau cerita motivasi di medsos, sehingga dapat memberikan dampak dan energi positif bagi orang lain. Kita juga harus benar-benar jenius memilah dan memilih berita mana yang benar dan mana yang hoax sebelum terlanjur kita share di medsos yang kita miliki. Ayo jadi pengguna medsos yang produktif. Jangan gunakan medsos cuma untuk melampiaskan emosi, tetapi gunakanlah lebih sering untuk berbagi motivasi serta mensukseskan promosi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun