Mohon tunggu...
Ansarullah Lawi
Ansarullah Lawi Mohon Tunggu... Dosen - Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Batam (ITEBA)

Pengampu Matakuliah Perancangan Produk dan Technopreneurship, Peneliti Ergonomi dan Lingkungan, Pengamat Politik, Pemerhati Pendidikan di Era Digitalisasi, Penggemar Desain Grafis, dll Semuanya dicoba untuk dirangkum dalam beberapa tulisan blog. Stay Tune! (^_^)v

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Waspada, Pengguna iPhone! Mercenary Spyware Bisa Menjadi Mimpi Buruk Anda

11 April 2024   21:50 Diperbarui: 11 April 2024   22:13 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam dunia digital yang semakin canggih, istilah 'mercenary spyware' mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, tapi ini adalah ancaman nyata yang harus kita waspadai. Bayangkan ada software yang bisa mengintai dan mengambil alih iPhone Anda tanpa sepengetahuan Anda. Itulah yang disebut dengan mercenary spyware, sebuah program jahat yang ditujukan untuk mengumpulkan informasi sensitif dari target tertentu.

Baru-baru ini, Apple mengumumkan bahwa pengguna iPhone di 92 negara berpotensi menjadi sasaran serangan spyware ini. Meskipun kejadian ini relatif jarang, dampaknya bisa sangat merugikan bagi yang terkena.

Mercenary spyware adalah alat mata-mata canggih yang seringkali digunakan oleh negara atau organisasi besar untuk mengawasi individu yang dianggap penting atau berbahaya bagi kepentingan mereka. Biasanya, orang-orang seperti jurnalis, aktivis, atau politisi yang berada di garis depan isu kontroversial menjadi target utama.

Contoh yang paling terkenal dari spyware ini adalah Pegasus, yang dikembangkan oleh NSO Group dari Israel. Pegasus telah digunakan untuk memata-matai berbagai tokoh penting di seluruh dunia dan telah menjadi pusat banyak kontroversi internasional. Apple sendiri telah mengambil langkah hukum terhadap NSO Group untuk mencegah penyalahgunaan teknologi mereka.

Apple berkomitmen untuk melindungi penggunanya dari ancaman ini dengan mengirimkan notifikasi kepada mereka yang berpotensi menjadi target dan memperbarui sistem keamanan perangkat mereka secara berkala. Jadi, jika Anda menerima pemberitahuan dari Apple, jangan diabaikan.


Untuk mengamankan diri dari mercenary spyware, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil:

  •     Gunakan kode akses yang kuat untuk perangkat Anda.
  •     Aktifkan autentikasi dua faktor untuk Apple ID Anda.
  •     Pastikan perangkat Anda selalu menggunakan versi OS terbaru.
  •     Hanya mengunduh dan menginstal aplikasi dari App Store.
  •     Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun online Anda.
  •     Hindari mengklik tautan atau membuka lampiran dari sumber yang tidak dikenal.

Selain itu, memanfaatkan Mode Lockdown pada iPhone Anda dapat menawarkan lapisan perlindungan tambahan terhadap upaya pencurian data.

Meskipun kemungkinan menjadi sasaran serangan mercenary spyware cukup kecil untuk kebanyakan orang, tetap penting untuk tetap waspada dan mempraktikkan keamanan siber yang baik. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat mengurangi risiko menjadi korban dari serangan cyber yang semakin canggih ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun