Mohon tunggu...
Hany Ferdinando
Hany Ferdinando Mohon Tunggu... Ilmuwan - Penikmat buku dan musik yang suka tentang teknologi, psikologi, pendidikan, flora dan fauna, kebudayaan, dan hubungan antar manusia.

Belajar menulis dengan membaca, belajar kritis dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Merayakan Hari Kemerdekaan, Haruskah dengan Upacara Bendera?

6 Desember 2019   23:42 Diperbarui: 6 Desember 2019   23:38 70 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merayakan Hari Kemerdekaan, Haruskah dengan Upacara Bendera?
ouka.fi

Hari ini, 102 tahun yang lalu Finlandia mendapatkan kemerdekaan setelah area negara berpenduduk sekitar 5,5 juta ini menjadi lahan 'bermain' Swedia dan Rusia selama puluhan bahkan ratusan tahun. 

Pada awal saya tinggal di Finlandia, saya tidak pernah mengetahui bahwa negara punya hari kemerdekaan. Sudah lekat di pikiran saya bahwa negera maju itu identik dengan negara yang tidak pernah dijajah. Namun konsep itu ternyata salah dan saya harus berterima kasih untuk koreksi yang terjadi saat saya tiba di negara ini beberapa tahun yang lalu.

Tahukah Anda bahwa ibukota Finlandia ini dulunya di Turku, bukan Helsinki? Ya... saat berada di bawah kerajaan Swedia, Turku menjadi pusat pemerintahan karena posisinya yang dekat dengan Swedia. 

Oleh karena itu, pimpinan tertinggi gereja Lutheran tinggal di Turku. Setelah Finlandia berpindah tangan ke Rusia, maka pusat pemerintahan dipindahkan ke Helsinki, yang notabene lebih dekat dengan kota Saint Petersburg.

Finlandia merdeka dari penjajahan 6 Desember 1917, sehingga perayaan di tahun 2017 menjadi sebuah tonggak sejarah penting, karena saat itu Finlandia merayakan kemerdekaan yang ke-100. Liputan perayaan tersebut dapat Anda baca di laman kompasiana.com juga. 

Bagaimana situasi perayaan kemerdekaan di Finlandia?

Secara umum, perayaan kemerdekaan dilakukan di tanggal 5 dan 6 Desember. Dikutip dari laman resmi milik pemerintah kota Oulu (mohon maaf hanya tersedia dalam bahasa Finlandia), perayaan dilakukan mulai tanggal 5 Desember malam yang disebut dengan itsenäisyyspäivän aatto atau malam hari kemerdekaan. Kadang dilakukan di tempat kerja sebelum mereka pulang.

Apa yang mereka lakukan? Minum kopi dan makan kue! Hah! Yep! Anda tidak salah baca. Mereka duduk bersama menikmati kopi dan kue tart yang didominasi warna putih dengan garis-garis biru. Mengapa putih dan biru? Karena itu melambangkan warna bendera Finlandia. Ya... seperti ornamen 17 Agustus kan merah dan putih yang diambil dari warna bendera.

6 Desember adalah hari libur nasional. Itu berarti semua kantor dan sekolah tutup, anak sekolah tinggal di rumah atau keliling kota menikmati berbagai macam program yang dirancang atau sekedar jalan-jalan. 

Apa saja program yang dibuat? Biasanya, pemerintah kota yang menyusunnya dan bekerja sama dengan beberapa komunitas. 

Khusus untuk 100 tahun kemerdekaan yang dirayakan di 2017, program yang dibuat jauh lebih banyak dan bervariasi. Kegiatan dimulai dengan menaikkan bendera pada pukul 8 pagi serentak di seluruh Finlandia. Program berikutnya tergantung pemerintah kota.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan