Mohon tunggu...
Haris Fauzi
Haris Fauzi Mohon Tunggu... Pembelajar

Penyuka Kajian Keislaman dan Humaniora || Penikmat anime One Piece.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Buzzer dan Kebijakan Publik

4 Oktober 2019   08:44 Diperbarui: 11 Oktober 2019   22:45 0 1 1 Mohon Tunggu...
Buzzer dan Kebijakan Publik
Buzzer dalam pusaran kuasa ~ Credit by Twitter Sabda Perubahan

Di internet, orang lain tidak kamu jikalau kamu seorang anjing. 

Pemerintah melalui mengendalikan para pendengunnya yang makin kesini mengancam keberlangsungan iklim demokrasi dan merusaknya menjadi berkeping-keping. Buzzer pro pemerintahan makin lama makin memmbahayakan iklim demokrasi di Indonesia

Berbagai kabar bohong yang mereka bagikan di media sosial dan didengungkan untuk mempengaruhi sikap dan opini publik Indonesia. Buzzer pro pemerintahan digunakan untuk mengamankan kebijakan pemerintahan dalam jangka yang relatif singkat dan meredamnya menjadi isu-isu yang bagi mereka tidak signifikan. Para buzzer dan akun anonim tersebutlah yang mneyebarkan berita propaganda yang menuduh pihak terkait.

Hakikatnya buzzer entah yang pro atau penolak rezim pemerintahan merupakan produk gagal dari sebuah masa dimana masyarakat bebas mengeluarkan pendapat. Pemerintah perlu mendengarkan pendapat otentik dari lapisan masyarakat untuk menjalankan roda-roda pemerintahan. 

Memanfaatkan skill dalam merangkai postingan dan pendukung rezim buta logika. Rerata buzzer berasal dari mereka mantan wartawan yang ahli dalam membungkus kabar bohong sedemikian rupa sehingga terkesan benar.

Ciri postingan para buzzer dari menyertakan manipulasi kata berdasarkan sumber intelejen. Para buzzer mendengungkan berita dengan pola berjaring. Buzzer satu memposting opini kemudian lainnya memgaminkan dan memperbanyak jangkauan persebaran informasi. 

Bagi mereka yang tidak teliti dalam menfilter berita dan memverifikasinya akan terjebak dalam lingkar mengekor mendukung berita tersebut. Mengiyakan tindakan tersebut dan membabat habis pendapat yang bertolak belakang.

Lingkar buzzer seringkali memiliki hubungan yang teramat kuat dengan pemerintahan dan aparat penegak hukum. Mereka akan dengan gampang memperoleh profil lengkap pihak yang dinaggap musuh. 

Profil yang seringkali diminta melliputi nama, tempat tinggal dan data pribadi mereka. Sumbangsih pemerintah terhadap buzzer terlihat jelas denngan dihapusnya beberapa akun yang berseberangan. 

Kerjasama antara buzzer dan pemerintahan hasilnya adalah memperkuat kuasa oligarki di tingkat elit negara dimana nantinya akan menindas kebebasan berpendapat dan berbicara masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN