Mohon tunggu...
Fiksiana Community
Fiksiana Community Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

Komunitas Fiksiana adalah penyelenggara event menulis fiksi online yang diposting di Kompasiana. Group kami: https://www.facebook.com/groups/Fiksiana.Community/ |Fan Page: https://www.facebook.com/FiksianaCommunity/ |Instagram: @fiksiana_community (https://www.instagram.com/fiksiana_community/) |Twitter FC @Fiksiana1 (https://twitter.com/Fiksiana1)

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

[Belajar Bareng] Teknik Menghidupkan Dialog

27 Februari 2016   16:48 Diperbarui: 27 Februari 2016   20:51 1552
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Dok. Fiksianer Dues K "][/caption]

Hai, Fiksianer...

Kemarin di grup Fiksiana Community para anggota dan admin baru saja belajar bareng tentang dialog. Salah satu poin penting dalam penulisan cerita yang sering diabaikan. Padahal dialog merupakan bagian penting yang membantu memperkuat karakter (tokoh) cerita. *Silahkan bergabung ke FC bila kalian ingin mengikuti sesi #BelajarBareng yang kami adakan. 

*Kembali ke pokok bahasan.

Tentu saja agar mempermudah, kami memberikan gambar di atas untuk kemudian dengan imajinasi yang luar biasa dari para anggota dijadikan cerita fiksi yang seru.

Kendala yang sering terjadi dan menyebabkan kekakuan dalam dialog adalah dialog tags atau tag dialog.

Apa itu dialog tags?

Dialog tags (Tag dialog) adalah; kata-kata atau frase pelengkap yang digunakan setelah atau sebelum dialog.

Seperti; "kata Sasuke", "tukas Naruto", "pekik Sakura", "Tsunade berkata", "keluhnya", "pikirnya" dan lainnya.

Tag dialog ini sangatlah penting karena selain dapat membantu menunjukkan siapa tokoh yang berbicara juga bisa menunjukkan karakter tokoh.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun