Mohon tunggu...
Raden Febryan Wishnu
Raden Febryan Wishnu Mohon Tunggu... Konsultan - Corporate Communication I Event Planner I Digital Marketing

Specialties : Marketing Communication, Coorporate Communication, Business Development, Marketing Strategy, Event Planner.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Taukah Kalian Strategi Digital Marketing Campaign Terbaik Saat Ini?

16 April 2022   10:54 Diperbarui: 16 April 2022   12:41 390 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

JAKARTA, Febryan Wishnu - Anda mungkin pernah mendengar istilah "Paid, Owned, dan Earned Media" sebelumnya. Namun, tahukah Anda  perbedaan ketiga istilah tersebut?

Bagaimana pengaruh ketiganya terhadap digital marketing campaign dan dapat membantu Anda menjalankan strategi pemasaran dengan lebih efektif dan efisien.

Melalui artikel berikut ini kita akan melihat perbedaan antara "Paid, Owned, dan Earned Media", serta pro dan kontra dari masing-masing.

Apa perbedaan antara kendaraan yang "Paid, Owned, dan Earned Media"?

Dengan begitu banyak jenis strategi pemasaran digital yang tersedia saat ini, mungkin sulit untuk menentukan  mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Di sinilah Paid, Owned, dan Earned Media (POEM) contoh strategi pemasaran digital  yang harus Anda pertimbangkan untuk membantu menciptakan dan mempertahankan strategi pemasaran yang bermanfaat. Lalu apa perbedaan dari ketiganya?

Paid Media
Seperti namanya, media berbayar atau paid media adalah bentuk pemasaran berbayar di mana pemasar harus membayar untuk media.

Media premium ini mencakup segala hal mulai dari pemasaran digital hingga tradisional. Misalnya, surat kabar, radio, majalah, media sosial, influencer Pay Per Click (PPC), retargeting ads, atau pun display ads untuk mempromosikan bisnis Anda, agar iklan mereka muncul di depan audiens.

Kendaraan premium adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengembalian investasi instan. Return on Investment atau ROI adalah rasio yang mewakili ukuran efektivitas manajemen. Dengan cara ini, seseorang dapat dengan jelas melihat betapa menguntungkannya suatu investasi.

Alasannya karena jangkauan  media berbayar sangat luas dalam satu strategi periklanan. Ini membantu Anda dengan cepat menghasilkan prospek, mempertahankan pelanggan (Customer Retention Marketing), dan meningkatkan  penjualan dan konversi.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengukur kinerja media berbayar ini dengan cukup mudah dengan bantuan analytics.

Meski menawarkan keuntungan yang menjanjikan,  bukan berarti  media berbayar tidak memiliki kelemahan. Strategi ini cenderung kurang memiliki model komunikasi satu arah. Faktanya, sebuah bisnis sangat membutuhkan umpan balik dari target pasarnya untuk membuat penilaian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan