Mohon tunggu...
Ernika Sondang SHS
Ernika Sondang SHS Mohon Tunggu... Guru - Pengajar di SMP N 14 Pekalongan

Seorang guru yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Islam YPI Buaran, Pekalongan

7 Desember 2022   12:55 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:01 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                               NASKAH PUBLIKASI_JURNAL PENELITIAN

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DIMODERASI BUDAYA SEKOLAH DI SMP ISLAM YPI BUARAN KOTA PEKALONGAN

                                                              Sri Kasih

                                     Email : srikasih861@gmail.com

                     Magister Manajemen, Universitas Stikubank Semarang

                                              Dr. SUNARTO, MM

                            Email : sunarto@edu.unisbank.ac.id

                                  Universitas Stikubank Semarang

                                                                                                                   Abstract

This study aims to determine how the effect of  self learning and self confident toward the students  learning achievement with the school culture of 85% boarding school student (santri).This research was done in Islam Junior High School of YPI Buaran Pekalongan city has 260 students and 156 students being sample of the research. This research was about descriptive quantitative, with the questioner used as the media of collecting data, the measurement scale with likert scale by selection procedure sample, done by  Proportionate Stratified Random Sampling technic with the Slovin formula. Data Analysis method with the quasi factor interaction technic.The result of research showed the self learning can influence positive and significant toward the achievement learning students.  Self confident can influence positive and significant toward the students learning achievement. School culture can influence positive but not significant toward the students learning achievement. School culture can empower them but cannot be significant toward the students learning achievement. School culture can also weaken them  but cannot be significant toward the students learning achievement.

Key word: the self learning, the self confident, the students learning achievement, and the  culture of school.

                                                                                                                           Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh Kemandirian Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa dimoderasi Budaya Sekolah dengan 85% siswa adalah santri Pondok Pesantren. Penelitian dilakukan di SMP Islam YPI Buaran Kota Pekalongan dengan populasi berjumlah 260 siswa dan jumlah sampel 156 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif diskriftif, alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, skala pengukuran memakai skala likert dengan prosedur pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data menggunakan teknik Quasi Interaksi Faktor. Hasil penelitian menunjukan Kemandirian Belajar dan Kepercayaan Diri berpengaruh positif dan siqnifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa, Budaya Sekolah berpengaruh positif tidak siqnifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa, Budaya Sekolah memperkuat tetapi tidak siqnifikan pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa, Budaya Sekolah tidak berpengaruh terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Siswa.

Kata kunci : Kemandirian Belajar, Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar Siswa dan Budaya Sekolah

PENDAHULUAN
Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh dari kegiatan belajar di sekolah  yang bersifat koknitif yang ditentukan melalui pengukuran dan penilaian (Permendikbud No.4 Th.2018). Prestasi belajar merupakan pengukuran dan penilaian hasil belajar yang telah dilakukan oleh siswa setelah siswa melakukan kegiatan proses pembelajaran yang kemudian dibuktikan dengan suatu tes dan hasil pembelajaran tersebut dinyatakan dalam bentuk simbol baik dalam bentuk angka, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai.  


Tinggi rendahnya capaian prestasi belajar dari masing-masing siswa dipengaruhi oleh hambatan yang timbul pada proses pembelajaran, tingkat kemampuan yang berbeda, perbedaan karakteristik siswa, dan sarana dan prasarana yang tersedia. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa harus diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan menjadi hambatan, sehingga pada akhirnya masalah siswa dapat terpecahkan dan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal.

Faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah Kemandirian belajar. Kemandirian dalam belajar  dapat diartikan sebagai sifat dan sikap serta kemampuan yang dimiliki siswa untuk melekukan kegiatan belajar secara sendirian maupun  dengan bantuan orang lain dengan berdasarkan motivasinya sendiri untuk menguasai suatu kompetensi tertentu hingga dapat digunakan untuk memecahkan masalah  yang dijumpainya di dunia nyata, Mujiman (2014). Siswa yang mempunyai kemandirian  dari dalam dirinya sendiri akan mempunyai inisiatif  melakukan kegiatan belajar tanpa harus disuruh. Kemandirian belajar pada diri siswa akan menimbulkan sifat kreatif dan inofatif, sehingga lebih memungkinkan siswa untuk meningkatkan prestasinya.


 Kepercayaan Diri sebagai sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan atau situasi yang dihadapinya, Amri (2018). Semakin tinggi tingkat kepercayaan diri seseorang atas kemampuan yang dikuasainya maka semakin yakin pula untuk mengerjakan suatu pekerjaan, Sariningsih dan Purwasih (2017). Rasa percaya diri yang rendah pada sebagian siswa menjadikan hambatan saat proses belajar dan berdampak pada prestasi belajar yang tidak maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun