Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Artikel Utama

Cerpen | Kendedes "Manjing"

8 Desember 2019   04:06 Diperbarui: 9 Desember 2019   21:08 587
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber:https://autumnskyline.wordpress.com/

***

Masih tersisa waktu cukup panjang untuk mempersiapkan diri tampil sebagai Ken Dedes. Neswari menggeser kursi tepat di depan cermin. Dan cermin buram yang menempel pada dinding terbuat dari gedhek itu sesekali bergoyang.

"Sampai kapan wajah ini dititipkan padaku?" Neswari bertanya pada dirinya sendiri. Lalu mendekatkan muka nyaris menyentuh cermin. 

Seekor cicak yang merayap berhenti mendadak. Tepat di pojok kanan cermin seolah ingin mengatakan sesuatu.

Plup!

Neswari menjentikkan ujung jemarinya. Menghalau cicak yang menatapnya tak berkedip. Cicak itu terkejut dan melarikan diri dengan ekor melenggak-lenggok tak beraturan.

"Kau selalu saja mencampuri urusanku, Kanda Ametung! Penyamaranmu merupa cicak kali ini terlihat sangat konyol," Neswari bergumam kesal. Bersamaan dengan itu terdengar musik gamelan mulai rampak ditabuh.

Neswari mengamati sekali lagi wajahnya yang terpantul di dalam cermin. Pada menit kesekian mata sayunya terkatup. Dan, tiba-tiba sepasang tangan tak terlihat menariknya masuk menembus ke dalam cermin.

***

Tubuh kurus itu terhempas dengan keras di suatu tempat. Kain sarung yang lusuh telah berganti dengan busana indah gemerlapan.

Ken Dedes telah manjing!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun