Mohon tunggu...
Jan Bestari
Jan Bestari Mohon Tunggu... Lainnya - Merayakan setiap langkah perjalanan

Refleksi kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bubur Pedas, Kuliner Vegetarian Otentik Sambas Berbahan Limpahan Sayur Lokal

6 Maret 2022   11:54 Diperbarui: 6 Maret 2022   11:55 164 9 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sajian bubur pedas yang berbahan sayur dan otentik Sambas_Sumber foto reqnews.com

Narasi bubur pedas sepertinya berkelindan antara semangat kebersamaan gotong royong serta limpahan sumber daya lokal yang tumbuh subur di merata tempat di bumi Borneo Sambas.

Kalimantan yang memiliki kekhasan jenis tanah umumnya PH rendah dengan derajat keasaman tinggi. Demikian juga khususnya wilayah Sambas yang didominasi tanah rawa bergambut tersebut seperti taman tempat tumbuh subur sejenis pakis yang dalam bahasa lokal disebut dengan miding(Stenochlaena palustris)

Habitat sayur pakis miding sebagai sayur utama dalam pembuatan bubur pedas_sumber foto kompasiana.com
Habitat sayur pakis miding sebagai sayur utama dalam pembuatan bubur pedas_sumber foto kompasiana.com

Sumber bahan lokal membuat bubur pedas lainnya yang juga tumbuh baik di bumi Sambas yang berawa adalah rebung. Tumbuhan bambu muda(Dendrocalamus asper)yang sering menjadi makanan lokal harian penduduk setempat baik yang diolah sebagai pacri rebung ataupun gulai lemak rebung. Ada juga rebung muda yang hanya  direbus sebentar saja untuk bahan ulam makan bersama nasi hangat dan sambal terasi pedas yang diberi perasan jeruk sehingga sangat nikmat dimakan saat siang hari.

Rebung muda yang dijadikan sayuran penyampur di olahan bubur pedas_Sumber foto health.grid.id
Rebung muda yang dijadikan sayuran penyampur di olahan bubur pedas_Sumber foto health.grid.id

Tidak heran rebung bambu ini juga menjadi salah satu motif utama atau tradisi tenun lunggi benang emas Sambas yang sangat terkenal karena keindahannya serta tampak gemerlap dari benang emas yang dipancarkannya.

Bahan baku lain yang ditambahkan karena banyak tersedia dihutan kalimantan yang bersuhu lembab dan sejuk adalah jamur kuping dan dalam bahasa lokal disebut kulat tembibir (Auricularia auricula-judae). Sejenis jamur yang berwarna hitam dan akan terasa sangat lunak saat terkena air panas. Kulat ini biasa juga ditambahkan untuk jenis makanan berkuah seperti sop ataupun soto.

Selanjutnya daun kassum(Polygonum minus Huds) adalah sejenis tumbuhan didaerah berair dan tanaman yang diambil daunnya ini harus ada. Ia akan menjadi penyempurna rasa otentik bubur pedas yang rasa dan aromanya sangat khas itu.

Daun kassum yang membuat rasa bubur pedas terasa otentik_ Sumber faunadanflora.com
Daun kassum yang membuat rasa bubur pedas terasa otentik_ Sumber faunadanflora.com

Bahan-bahan sayuran lain biasa ditambahan bersama setelah semua bahan diiris dengan ukuran kecil seperti daun: kangkung, melinjo, kacang panjang, daun kunyit, wortel, kacang panjang dan jagung muda. Kemudian berbagai jenis sayuran lain dapat ditambahkan sesuai selera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan