Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Mengapa Siswa Perlu Belajar Teks Laporan Hasil Observasi?

8 Agustus 2021   10:56 Diperbarui: 8 Agustus 2021   22:33 3905
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis teks laoran hasil observasi (iStockphoto/Jacob Ammentorp Lund) 

Melalui pembelajarak teks LHO, siswa akan terlatih dalam kegiatan literasi atau membaca. 

Secara kognitif, kegiatan belajar teks LHO ini akan mengolah nalar siswa. Misalnya, siswa akan mengidentifikasi (menemukan ciri) sebuah teks yang dapat tergologong ke dalam jenis teks LHO.

Ketika belajar mengidentifikasi informasi dalam teks, maka siswa berlatih memahami bagaimana bentuk informasi yang bersifat objektif.

Siswa juga akan makin akrab dengan pola penyajian teks yang terdiri dari kumpulan paragraf. Dalam hal ini, siswa akan mengenali isi paragraf yang berupa gagasan utama dan isi paragraf yang bersifat penjelas.

Siswa juga akan terbiasa berpikir kritis dan logis, takala belajar menyimpulkan informasi dalam teks LHO. Artinya, siswa mendalami sifat-sifat dasar ilmiah dengan menemukan informasi faktual atau kalimat yang bersifat fakta. 

Selain itu, siswa juga akan berkenalan dengan kata-kata "istilah" dalam sejumlah bidang ilmu pengetahuan tertentu sehingga wawasan mereka akan berkembang.

Memahami teks LHO | Gambar: Pixabay 
Memahami teks LHO | Gambar: Pixabay 

Memahami karakter dasar karya tulis ilmiah 

Pada dasarnya teks LHO adalah salah satu jenis teks yang berbentuk laporan yang bersifat mendokumentasikan. 

Informasi dalam teks LHO tidak mengandung dugaan-dugaan, pendapat pribadi penulis, atau pun keberpihakan terhadap sesuatu. Isi teks LHO murni untuk penyampaian sebuah fakta.

Sederhannya, teks LHO berisi jawaban dari pertanyaan tentang "apa itu ... ?" dari suatu objek yang diamati atau diteliti. Setiap objek dalam teks LHO akan dikupas secara meluas dan mendalam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun