Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Mengapa Siswa Perlu Belajar Teks Laporan Hasil Observasi?

8 Agustus 2021   10:56 Diperbarui: 8 Agustus 2021   22:33 3905
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis teks laoran hasil observasi (iStockphoto/Jacob Ammentorp Lund) 

Objek atau hal yang dibahas dalam teks LHO berpusat pada pengertian objek secara keilmuan dan uraian pengklasifikasian (penjenisan) objek tersebut.

Infromasi faktual di dalam teks LHO adalah berupa ilmu pengetahuan, baik ilmu alam maupun ilmu sosial budaya. 

Konten atau isi dalam teks, cenderung mengandung tema tentang mahkluk hidup, lingkungan, dan fenomena kemanusiaan.

Lokasi sosial dari teks LHO dapat ditemukan oleh siswa misalnya dalam enslikopedia, buku-buku ilmu pengetahuan dan juga artikel populer atau tulisan features di majalah-majalah flaura dan fauna, seperti National Geographic. 

Kendati demikian, kini model tulisan yang sewarna dengan teks LHO juga dapat ditemukan di berbagai media informasi digital dalam rubrik seputar sains.

Melatih keterampilan menulis secara terstruktur

Manfaat dari pembelajaran teks secara praktis bagi siswa adalah meningkatkan keterampilan menulis. 

Siswa akan berlatih bagaimana mendeskripsikan "objek" yang ia amati, misalnya benda, hewan, tumbuhan ke dalam uraian kalimat yang tepat. 

Oleh karena itu, siswa akan berlatih bagaimana menyusun kalimat deskripsi dan kalimat definisi.

Pada proses pembelajaran ini, siswa juga dapat mengembangkan kemampuan linguistik. 

Pada ranah ilmu kebahasaan, siswa akan belajar menyusun ragam kalimat, baik kalimat yang sederhana (simple) maupun kalimat yang kompleks. Siswa juga akan berkenalan dengan satuan-satuan bahasa yang membentuk inti kalimat misalnya klausa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun