Mohon tunggu...
Diva Alayna
Diva Alayna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

pretty girls read

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosial Media Strategi dan Optimasinya

27 Oktober 2022   07:09 Diperbarui: 27 Oktober 2022   07:32 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jumat, 21 Oktober 2022, mahasiswa Unisa dan UMKM belajar tentang sosial media bersama Mas Bondan Satria di Rumah BUMN Yogyakarta. 

Kita membutuhkan akun pilar disamping akun utama. Akun pilar berfungsi untuk meng-endorse akun utama produk kita. Akun pilar berisi konten-konten yang memiliki tema tertentu namun dapat diselingi untuk membantu mempromosikan akun utama. Sebagai contoh akun makanan atau akun hiburan.

Akun pilar bisa juga dimiliki oleh kita atau boleh juga tidak. Keuntungan jika kita memilikinya adalah, bisa menambah penghasilan dengan pemintaan promosi dari produk lain (selama bukan pesaing). Akun pilar ini juga bisa membuat sendiri atau membeli, namun jika membuat sendiri, keuntungannya adalah murah, dan kelemahannya membutuhkan waktu yang lama.

 Mas Bondan Satria juga menjelaskan beberapa strategi untuk membuat konten di media sosial Instagram, yaitu:

1. Interest, Instagram akan meranking semua postingan melalui engagement range. Yang paling berpengaruh adalah save dan share, sehingga postingan yang memiliki save dan share lebih banyak akan lebih mudah dipromosikan instagram ke customer.

2. Konsistensi, membuat postingan minimal sehari satu. Dan usahakan untuk selalu mengikuti yang sedang trending.

3. Hashtag, gunakan hastag seperlunya (5-30 tag) jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit.

4. Berinteraksi dengan akun serupa

5. Waktu (jam posting), penting untuk diperhatikan

6. Foto profil menarik (menggambarkan produk)

7. Tambahkan display name yang umum dan mudah dicari oleh customer yang belum mengenal produk kita

Materi tersebut sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan UMKM yang sedang belajar untuk mengoptimalkan konten iklan untuk produk mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun