Mohon tunggu...
Dicky Kurniawan
Dicky Kurniawan Mohon Tunggu... mahasiswa

welcome, selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Bukit Pengilon, Salah Satu Surga Tersembunyi di Jogja

23 April 2021   17:08 Diperbarui: 23 April 2021   17:11 61 1 0 Mohon Tunggu...

Yogyakarta -- Di masa new normal ini tentunya masyarakat sudah merasa jenuh dan bosan karena sudah sangat lama hanya melakukan kegiatan di rumah saja. Untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh biasanya masyarakat melakukan refresing ke tempat-tempat wisata. Pasti banyak masyarakat yang pergi ke pantai, namun jika hanya melihat lautan dari pinggir saja itu sudah menjadi hal yang biasa. 

Nah di Yogyakarta terdapat tempat yang dapat menyajikan pemandangan laut dengan suasana yang berbeda, yaitu dari atas bukit. Pasti belum banyak yang mengetahui salah satu surga di jogja, yaitu Bukit Pengilon. Bukit pengilon ini berada di atas Pantai Siung. Kita membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dari kota jogja untuk bisa sampai di Bukit Pengilon ini. Bukit Pengilon sendiri terletak di pesisir selatan, tepatnya di daerah Gunung Kidul.

Untuk menuju kesana, kita harus melewati beberapa jalan ekstrim dan cukup melelahkan untuk sampai. Namun usaha kita untuk bisa sampai ke Bukit Pengilon ini yang dibilang melelahkan akan terbayar saat kita sudah sampai disana. Kita dapat menikmati suasana yang enak di atas bukit dengan pemandangan laut yang biru.

Ngomong-ngomong mengenai biaya untuk masuk ke Bukit Pengilon tidaklah mahal, kita hanya akan membayar Rp 5000 di gerbang masuk ke area Pantai Siung dan untuk ke Bukit pengilonnya sendiri Rp 2000 saja. Dengan Rp 2000 kita sudah dapat menikmati keindahan dari Bukit Pengilon yang rindang dengan tanaman yang hijau-hijau, serta bentangan laut disertai ombak-ombak yang membuatnya semakin indah.

Bukit Pengilon ini juga bisa menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin melakukan camp bersama teman maupun keluarga. Sembari ngecamp bersama teman maupun keluarga kita dapat menikmati sunset yang indah sambal meminum kopi hangat. Dan di malam harinya kita akan ditemani suara-suara ombak dan angin yang sepoi-sepoi. Untuk yang muslim jangan khawatir, disana juga disediakan air untuk wudhu dan ada gubuk untuk tempat sholat. Disana juga terdapat warung yang menyediakan berbagai snack dan minuman dan juga kita bisa membeli kayu bakar untuk api unggun. 

Di pagi harinya kita akan mendapat bonus yaitu dapat melihat sunrise dari atas bukit tersebut. di tempat inipun kita harus mengabadikan momen-momen indah dengan pemandangan yang indah di Bukit Pengilon ini. setelah usai dari Bukit Pengilon dan ingin bermain air laut kita bisa langsung menuju ke Pantai Siung yang jaraknya hanya kurang lebih 2,7 km ataupun ke tempat lain disekitarnya yaitu Air Terjun Banyu Tibo ke Pantai Pakendon.

Untuk berlibur kesini lebih disarankan pada saat musim panas karena kita dapat menikmati keindahan tempat ini dengan puas dan jika hujan kita akan kesusahan untuk melewati medan jalan untuk menuju kesana.

 

VIDEO PILIHAN