Mohon tunggu...
Dennise Joyliem
Dennise Joyliem Mohon Tunggu... murid aja

ok

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi Buku Harry Potter dan Orde Phoenix

29 Maret 2020   23:26 Diperbarui: 29 Maret 2020   23:46 200 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku Harry Potter dan Orde Phoenix
www.infoplease.com

Identitas buku:
Judul buku: Harry Potter dan Orde Phoenix
Pengarang: J.K.Rowling
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2004
Tebal Halaman: 1200 halaman

Sinopsis Buku:

Harry Potter dan Orde Phoenix adalah seri kelima dari tujuh seri-seri Harry Potter. Di seri ini, Harry Potter berumur lima belas tahun dan lanjut sekolah di Hogwarts pada tahun kelima. 

Setiap akhir tahun, murid-murid Hogwarts dikirimkan pulang untuk bertemu dengan keluarga mereka. Awalnya, di dunia manusia alias dunia muggles, Harry yang selalu disindiri oleh Dudley yaitu sepupunya, melarikan diri dari tempat bermain karena langit mulai gelap dan beberapa detik lagi akan hujan deras. 

Mereka berhenti di terowongan yang memiliki cahaya yang minimalis. Tiba-tiba suasana di dalam terowongan itu mulai menggigil. Lantai, lampu, dan sekitar tembok membeku. 

Harry dengan cepat mengetahui apa yang akan terjadi dan mengingatkan Dudley untuk menutup mulutnya. Lalu, tibalah Dementor yaitu sosok tinggi berkerudung yang tidak ada muka dan melayang menuju Harry dan Dudley. 

Harry segera mengambil tongkat sihir dan menyebutkan mantra untuk mengusirnya yang mengeluarkan cahaya ajaib. Dementor pun bereaksi di depan Dudley yang membuat dia bersifat aneh dan menggigil.

Saat mereka pulang, Harry mendapatkan surat dari Kementrian bahwa dia dilarang untuk ke Hogwarts karena melakukan mantra patronus di depan muggle dan di tempat muggle dibawah umur, tetapi malamnya saat Harry sedang tidur, ternyata Dumbledore, kepala sekolah Hogwarts sedang membereskan situasi di Kementerian sihir. 

Harry dijemput dengan anggota-anggota Orde Phoenix dan dibawah ke apartemen tersembunyi dan bertemu dengan keluarga besar Ron, Hermione, dan Sirius. 

Esok harinya, Harry dibawa ke Kementerian sihir dan menghadapi sidang. Hasilnya, Harry bebas dari segala tuduhan. Tahun kelima di Hogwarts, Harry membuat teman baru, salah satunya Luna Lovegood.

Ada profesor baru yang mengajar di Hogwarts bernama Profesor Delores Jane Umbridge yang ditugaskan oleh Kementrian untuk mengajar di Hogwarts. Tetapi, perilaku Profesor Umbridge lebih buruk yang diharapkan. 

Beliau membuat banyak peraturan-peraturan yang salah satunya tidak boleh menggunakan sihir. Mengeluarkan Profesor lain tanpa izin. Membuat detensi yang sangat unik dengan menyakiti tangan murid-murid dan mengambil alih Hogwarts dan menggantikan Dumbledore. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN