Mohon tunggu...
Dean Ruwayari
Dean Ruwayari Mohon Tunggu... Human Resources - Geopolitics Enthusiast

Belakangan doyan puisi. Tak tahu hari ini, tak tahu esok.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Saat Menginjak Sepuluh Tahun

11 Maret 2021   00:29 Diperbarui: 11 Maret 2021   00:34 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seluruh gagasan itu membuatku merasa seperti sedang mengalami sesuatu, sesuatu yang lebih buruk daripada sakit perut atau sakit kepala yang aku dapat dari membaca dalam cahaya buruk -- semacam campak jiwa, gondongan atau cacar air jiwa yang menodai.

Baiklah, kau bisa bilang padaku kalau masih terlalu dini untuk melihat ke belakang, tapi itu karena kau sudah melupakan kesederhanaan yang sempurna menjadi satu kerumitan indah yang dihadirkan oleh dua orang. Tapi aku bisa berbaring di tempat tidur dan masih mengingat setiap angka. Pada usia empat tahun aku adalah seorang penyihir Arab. Aku bisa membuat diriku tak terlihat dengan meminum segelas susu dengan cara tertentu. Pada usia tujuh tahun aku adalah seorang tentara, lalu robot super pada usia sembilan.

Tapi sekarang aku lebih banyak berada di jendela menyaksikan cahaya sore hari, saat ia tak pernah jatuh begitu serius ke sisi rumah pohonku, dan sepedaku tak pernah bersandar di garasi seperti yang terjadi hari ini, semua kecepatan dan biru tua terkuras darinya.

Ini adalah awal dari kesedihan, kataku pada diri sendiri, saat aku berjalan melalui alam semesta dengan sepatu ketsku. Saatnya mengucapkan selamat tinggal kepada teman khayalanku, saatnya mengubah angka besar pertama.

Sepertinya baru kemarin aku percaya tak ada apa pun di bawah kulitku selain cahaya. Jika kau memotongku, aku bisa bersinar. Tetapi sekarang, saat terjatuh di trotoar kehidupan, aku menguliti lututku. Aku berdarah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun