Mohon tunggu...
Catherin YMT
Catherin YMT Mohon Tunggu... Female

An INFP Woman*Chocoholic*Pink Lover*Potterhead*Book Worm* Central Banker - Economic Analyst Email: catherinymt@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Perasaan Anak Kecil, Dapatkah Dimanipulasi?

5 Januari 2020   12:32 Diperbarui: 5 Januari 2020   12:50 75 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perasaan Anak Kecil, Dapatkah Dimanipulasi?
parentingforbrain.com

Anak kecil adalah mahluk paling jujur di muka bumi. Kamu tidak akan bisa memanipulasi perasaan seorang anak kecil. Menyuruhnya berpura-pura senang atau berpura-pura suka sama mustahilnya dengan meminta seekor ikan untuk tinggal di darat.

Seorang anak kecil dianugerahi hati yang bersih. Mereka peka akan kasih sayang yang diberikan orang kepadanya. Anak kecil dapat merasakan apabila seseorang menyayanginya, dan itu akan terlihat dari gestur yang ia berikan sebagai respon. Anak kecil yang merasa disayangi akan bisa langsung tersenyum, memeluk, atau gelendotan dengan seseorang walaupun ia baru mengenalnya.

Sebaliknya, anak kecil tidak dapat dipaksa untuk bersikap manis terhadap orang yang tidak tulus menyayanginya. Dia dapat merasakannya. Maka jangan heran bila ada seorang anak yang menangis, bermuka masam, atau lari menjauh dari seseorang. Tak peduli siapapun itu.

Kita mungkin sudah sering melihat seorang anak kecil atau bahkan bayi yang sedang menangis kencang bisa langsung tenang saat didekap oleh ibunya. Apakah bayi itu diajari untuk mencintai ibunya? Apakah seorang bayi pernah diberitahu yang mana ibunya, mana yang bukan?

Yesus dalam pengajarannya pernah berkata, "Barang siapa tidak menyambut Kerajaan Allah sebagaimana layaknya seorang anak kecil maka dia tidak akan dapat memasukinya". Artinya rasa percaya sepenuhnya yang dimiliki oleh anak kecil adalah kepercayaan tanpa syarat dan tanpa pikir panjang. Anak kecil tidak dapat hidup tanpa mempercayai mereka yang ada di sekeliling mereka.

Saya memiliki seorang putri berusia empat tahun. Saat saya bekerja di siang hari, dia akan dijaga oleh dua orang asisten yang membantu saya. Banyak yang mempertanyakan kenapa saya bisa percaya dan tidak memasang kamera pengawas (CCTV) di rumah. Ini yang biasanya dilakukan oleh orang-orang untuk mengawasi keadaan anak mereka di rumah.

Saya merasa tidak perlu melakukan itu. Karena apa? Saya bisa melihat kedekatan putri saya dengan kedua pengasuhnya. Anak ini begitu sayang pada mereka. Dia tidak segan untuk memeluk, mencium, bahkan duduk di pangkuan mereka.

Dari situ saya bisa mengambil kesimpulan bahwa mereka menyayangi anak saya. Tidak mungkin anak saya berlaku demikian apabila dia merasa dibenci, dimarahi, atau dipukul. Bila anak saya diperlakukan demikian, tentu dia akan menjauh, bahkan takut kepada mereka. Anak umur segitu belum bisa diajar untuk berpura-pura.

Kasih sayang tidak dapat dimanipulasi. Anak kecil tidak pernah mengerti tentang pemalsuan kasih sayang dan keakraban. Hati akan langsung tau tanpa perlu diajarkan. Jika kamu meragukan itu, berarti kamu belum mengerti tentang kasih sayang.

VIDEO PILIHAN