Mohon tunggu...
Alfat Andriel
Alfat Andriel Mohon Tunggu... Alfat

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perilaku Bullying Merusak Kesehatan Mental Seorang Remaja dan Anak

14 Juni 2021   19:23 Diperbarui: 14 Juni 2021   19:35 90 3 0 Mohon Tunggu...

Siapa yang tidak tau dengan kasus Bullying yang sangat banyak beredar di Indonesia, bahkan banyak juga di mancanegara. Bullying adalah seseorang yang berulang kali dan sengaja menggunakan kata-kata atau tindakan terhadap seseorang atau sekelompok orang untuk menyebabkan kesusahan dan risiko bagi kesejahteraan mereka. Penyebab adanya tindakan bullying paling tidak ada tiga faktor, seperti disampaikan psikolog Edu Pscyho Research Institute, Yasinta Indrianti. Tiga faktor tersebut adalah:

1) karakter berkuasa, selalu ingin menjadi yang terkuat dan dipandang hebat,
2) keluarga, yaitu pola asuh orang tua yang otoriter atau permissif,
3) lingkungan yang menganggap hal tersebut adalah hal yang biasa hingga perilaku bullying tanpa disadari akan membudaya.

Membully sangat dilarang dalam agama Islam, karna bullying bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri kepada korban bullying, dia merasa sudah di permalukan dan dapat menjatohkan kehormatan dia sebagai laki-laki atau perempuan.
Sebagaimana Allah berfirman dalam Surah Al-Hujarat ayat 11
 
Artinya: Wahai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka ( yang mengolok-olok) (Q.S Al-Hujarat: 11)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sangat membeci orang yang suka menghina, bahkan mengharamkannya. Barang siapa yang yang menghina orang lain, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyebut mereka orang yang sombong.

"Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain," (HR. Muslim no. 91).

Saat kita bergurau atau bercandapun, tanpa di sadari terkadang kita tidak menyadari bahwa candaan yang kita utarakan sebenarnya dapat menyakiti seseorang. Jika kita terus menerus melakukannya, hal ini akan mengarah pada Tindakan bullying yang tidak hanya berdampak pada kondisi fisik, tetapi juga akan berdampak pada mental dan psikologis dari korban bullying tersebut.

Upaya perusakan fisik dapat digambarkan sebagai tindakan kekerasan seperti memukul, meninju, hingga merusak barang orang lain. Dan  upaya non fisik digambarkan sebagai upaya perusakan psikologi, mental, dan lain-lain yang dapat mengganggu kesehatan jiwa seseorang.

Apa aja sih jenis-jenis Bullying

1.bullying emosional adalah bullying yang tujuannya untuk menolak dan memutuskan hubungan korban dengan orang lain, Contoh dari bullying emosional: menyebarkan rumor yang tidak baik, mempermalukan seseorang di depan umum, menghasut orang lain untuk menjauhi seseorang, menertawakan seseorang yang tidak bersalah, menghancurkan reputasi/mental seseorang, dll.

2.bullying fisik, adalah bullying yang mengkotakan denga fisik seseorang. Contoh-contohnya seperti memukul, menendang, meludahi, mendorong, mencekik, dan banyak lagi

3.bullying verbal, yaitu bully yang sifatnya menghina seseorang. Seperti meghina, mengejek, memberi nama julukan yang jelek, memfitnah, meneror dan lain-lain. Bully ini pun dapat menimbulakan rasa takut dan trauma untuk korban bullying, dan bisa juga menganggu psikologi dari korban bullying tersebut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN