Mohon tunggu...
Gunawan S. Pati
Gunawan S. Pati Mohon Tunggu... dosen

Penikmat buku dan pengamat pendidikan dan sosial.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Yuk Menyiapkan Aktivitas Anak untuk Menyambut Liburan Sekolah

14 Juni 2021   20:43 Diperbarui: 14 Juni 2021   21:13 197 32 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Menyiapkan Aktivitas Anak untuk Menyambut Liburan Sekolah
garden-60c75c6dd541df49852e40e5.jpg

                                                                                                Ilustrasi berkebun (Sumber:freepik)

Libur telah tiba

Libur telah tiba

Libur telah tiba

Hore! Hore! Hore!

Simpan tas dan bukumu

Lupakan keluh kesahmu

Kompasianer masih ingat penggalan lirik lagu Libur telah tiba? Lagu yang dikarang oleh A.T Mahmud dan dinyanyikan oleh Tasya Karmila atau sering dipanggil Tasya  sangat terkenal pada tahun 2000 an. Jika kita sekarang berusia 50  tahun lebih pasti masih ingat anak kita menirukan Tasya nyanyi di depan televisi dengan lincahnya. Atau Anda sekarang  berusia sekitar 30 tahun ya seusia Tasya? 

Mungkin masih ingat menirukan penyanyi cilik yang lincah. Sekitar minggu ketiga  bulan Juni tahun 2021 semua sekolah akan menyambut libur kenaikan kelas yang masih dalam suasana pandemi Covid-19. "Lupakan keluh kesahmu" zaman dulu saja anak-anak sudah berkeluh kesah dalam menempuh pelajaran di sekolah apalagi sekarang beban tugasnya tambah berat akibat Covid-19 memang perlu dilupakan sejenak. 

Ketika belum ada pandemi Covid  19 anak-anak biasanya diajak berlibur ke luar kota oleh orang tua. Saat ini tidak mungkin mengajak anak berlibur. Libur kenaikan kelas sekitar 3 minggu orangtua perlu menyusun rencana agar anak-anak tidak bosan di rumah. Meskipun selama ini anak-anak sudah belajar di rumah hampir 2 tahun jangan tambah beban lagi selama liburan ini. 

Biarkan anak-anak menikmati liburan dengan aktivitas yang mendidik dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Sayangnya, liburan kali ini dibarengi dengan meningkatnya jumlah orang yang terpapar Covid-19 pasca libur Idul Fitri. Untuk itu orang tua perlu hati-hati dalam menyusun aktivitas liburan anak. Yang penting anak senang tetapi tetap sehat dan semangat. Ada beberapa kegiatan yang bisa digunakan sebagai alternatif mengisi liburan panjang, di antarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN