Mohon tunggu...
Eko Nurhuda
Eko Nurhuda Mohon Tunggu... Penulis - Pekerja Serabutan

Menuliskan apa saja yang menarik hati, terutama sepak bola dan sejarah. Apresiasi boleh disalurkan melalui https://trakteer.id/bungeko. #YNWA

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Sejarah Curacao, Calon Lawan Indonesia di FIFA Matchday September 2022

21 September 2022   18:22 Diperbarui: 24 September 2022   13:46 975 15 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fans timnas Curacao mengibarkan bendera negaranya di tribun. FOTO: Twitter/CuracaoFootball

PERNAHKAH muncul pertanyaan begini di dalam benak: jika dulu Indonesia diberi nama Hindia Timur alias Dutch East Indies, adakah daerah jajahan Eropa lain yang dinamai Hindia Barat atau Dutch West Indies? Kalau ada, di manakah letaknya?

Semasa masih SMP, saya sempat berpikir British India-lah yang menyandang nama tersebut. Bukankah India terletak di sebelah baratnya Indonesia. Maka masuk akal jika Indonesia adalah East Indies dan India adalah West Indies.

Namun ternyata pikiran saya itu salah. Begitu masuk SMA, saya mempelajari jika perusahaan Inggris yang menguasai wilayah anak benua Hindustan tersebut menamai dirinya sebagai The East India Company (EIC).

Artinya, bagi para penjelajah Eropa masa itu daratan India masih termasuk bentangan East Indies juga. Dan memang demikianlah adanya, sebagaimana terkonfirmasi dari beberapa referensi. Miisalnya pada laman ensiklopedi daring Britannica.

Hindia Timur adalah pulau-pulau yang membentang di sepanjang kedua sisi Khatulistiwa, di antara daratan Asia di sisi utara-barat dan Australia di sisi selatan. Demikian Britannica mendefinisikan East Indies (sumber).

Jika kita mengetik kata kunci "where is East Indies" di Google, pada hasil pencarian akan muncul gambar peta yang menunjukkan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Terdapat bagian yang diarsir untuk menunjukkan itulah wilayah East Indies.

Wilayah tersebut meliputi India dan seluruh kawasan Asia Tenggara. Bahkan hingga Papua New Guinea dan sisi utara Australia, juga sisi selatan daratan Tiongkok (dari barat hingga ke timur). Semuanya adalah East Indies.

Jadi, di manakah West Indies berada?

Benar sekali, jawabannya adalah Kepulauan Karibia. Curacao yang timnas sepak bolanya bakal melawan Indonesia, 24 September 2022 mendatang, merupakan bekas bagian sebuah teritori yang pada masa lalu dikenal sebagai Dutch West Indies. Hindia Barat.

Koloni Belanda

Sama halnya Indonesia, Curacao juga eks koloni Kerajaan Belanda. Sama halnya Nusantara pula, adalah orang Spanyol yang mula-mula merambah daratan Curacao dan pulau-pulau lain di sekitarnya. Alonso de Ojeda menjadi orang Eropa pertama yang datang ke Curacao pada 26 Juli 1499.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan