Mohon tunggu...
Tamara Feodora
Tamara Feodora Mohon Tunggu... Mahasiswa - Vokasi Universitas Indonesia

Seorang mahasiswa yang gemar mempelajari hal baru serta mengembangkan berbagai potensi dalam diri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Sejarah Perkembangan Industri Hotel di Indonesia

14 April 2024   22:56 Diperbarui: 14 April 2024   22:57 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hotel Des Indes (Sumber: Wikimedia Commons)

Hotel merupakan suatu bangunan yang menyediakan tempat penginapan sementara bagi umum dengan berbagai jasa yang diberikan. Contoh dari jasa yang diberikan hotel bagi para tamu, yaitu makanan dan minuman, layanan kesehatan, penyedia tempat rapat, serta jasa dan fasilitas lainnya. Hotel menyediakan banyak kamar bagi tamu wisatawan untuk tinggal sementara. 

Indonesia sebagai negara yang memiliki berbagai daya tarik wisata, memiliki potensi yang besar dalam memajukan industri pariwisata yang juga akan mempengaruhi perekonomian negara. Hotel memiliki peran yang besar dalam sektor pariwisata sebagai tempat tinggal sementara bagi para wisatawan.

Masa Kolonial Belanda (1800an-1945)

Industri hotel dan pariwisata baru mulai berkembang di Indonesia pada masa kolonial Belanda. Pada saat itu industri hotel masih disebut dengan industri perkembangan. Perkembangan hotel di Indonesia pertama kali dimulai di pulau Jawa. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia. Bangsa Belanda melihat hal tersebut sebagai peluang untuk memajukan industri pariwisata yang juga akan memajukan industri hotel saat itu.

Hotel-hotel pada masa kolonial Belanda banyak dipegang oleh perusahaan Belanda, berlokasi di kota-kota besar dan melayani tamu kalangan atas (kolonial Belanda dan pengusaha asing). Industri hotel terus berkembang pada saat itu. Pada abad ke-19 hotel-hotel mewah sudah mulai dibangun di Indonesia.

Contoh hotel yang sudah berdiri sejak masa kolonial Belanda adalah Hotel Des Indes di Jakarta yang sekarang telah berubah nama menjadi Mandarin Oriental Jakarta dan Hotel Oranje di Surabaya. Hotel-hotel yang berdiri pada masa kolonial Belanda ada yang masih beroperasi hingga saat ini, ada yang telah mengalami perubahan total akibat renovasi, dan ada juga yang menjadi Heritage Hotel.

Pada masa kolonial Belanda fasilitas yang tersedia pada hotel-hotel masih terbatas, hanya terdapat kamar tidur, kamar mandi, dan restoran. Pelayanan yang disediakan juga masih terbatas, staff hotel masih terbatas dan belum terlatih dengan baik. Menjelang masa 

kemerdekaan dan perkembangan zaman, fasilitas hotel mulai berkembang, sudah terdapat hotel dan kolam renang di beberapa hotel. Staff hotel juga sudah semakin terlatih dan lebih profesional.

Masa Kemerdekaan (1945-1960)

Setelah Indonesia merdeka, sebagian hotel milik Belanda diambil alih oleh pemerintahan Indonesia. Contohnya adalah Hotel Mij De Boer di Medan yang berubah nama setelah kemerdekaan Indonesia menjadi Hotel Inna Dharma Deli. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun